7 Perbedaan SSD Dan HDD Yang Perlu Diketahui

SSD dan HDD bukan lagi istilah baru dalam dunia teknologi penyimpanan laptop. SSD adalah singkatan dari Solid State Drive sedangkan HDD adalah singkatan dari Harddisk. Baik SDD maupun HDD sama-sama berguna untuk menyimpan file yang berbentuk digital seperti gambar, foto, tulisan dan file lainnya. Meskipun fungsinya sama, nyatanya keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak. Berikut ini perbedaan SSD dan HDD yang perlu diketahui:

1. Dari Segi Harga

Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari segi harganya. Faktanya SSD dan HDD tidak memiliki harga yang sama. Meskipun kedua alat ini sama-sama bisa dibeli dengan  mudah di toko yang menjual alat-alat atau perangkat untuk komputer. SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan HDD. Hal ini bukan tanpa alasan, SSD memang lebih baru dan teknologinya lebih modern.

2. Dari Segi Bentuk

Bentuk SSD dan HDD juga berbeda satu sama lain. Dari segi bentuk, jelas SSD jauh lebih tipis daripada HDD. Hal ini yang membuat SSD dan HDD biasanya digunakan untuk dua tipe laptop yang berbeda. SSD biasanya disematkan pada perangkat yang tipis seperti ultrabook. Sebaliknya, HDD biasanya disematkan pada perangkat laptop yang lebih tebal. Laptop-laptop produksi lama biasanya menggunakan HDD.

3. Dari Segi Berat

Tidak hanya dari segi bentuknya, perbedaan SSD dan HDD juga bisa dilihat dari segi beratnya. Tentu saja karena bentuk dari SSD lebih tipis, maka SSD juga jauh lebih ringan daripada HDD. Hal ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh SSD. Perangkat-perangkat yang biasanya disematkan SSD juga tidak terlalu berat. Hal ini jauh berbeda dengan perangkat-perangkat yang menggunakan HDD.

4. Dari Segi Komponen Penyusun

Komponen penyusun antara SSD dan HDD juga berbeda satu sama lain. SSD menggunakan komponen seperti PCB. Hal ini berbeda dengan HDD yang menggunakan komponen seperti piringan metal yang bekerja dengan berputar. Ini artinya pada SSD tidak ada perangkat atau komponen yang bergerak. Pada HDD jelas, ada komponen yang bergerak.

5. Dari Segi Kecepatan Membaca File

Jika dilihat dari segi kecepatan dalam membaca file, maka SSD berada pada urutan pertama. Hal ini dikarenakan SSD adalah salah satu hasil pengembangan teknologi terbaru dari RAM. HDD memang memiliki kecepatan membaca file yang bagus. Namun tetap saja, kecepatan membaca SSD memang lebih cepat daripada HDD. Walaupun lebih lambat, bukan berarti kualitas dari HDD ini bisa dikatakan jelek.

6. Dari Segi Cara Kerjannya

Dari segi cara kerjanya, perbedaan antara SSD dan HDD juga bisa didapatkan. SSD bekerja dengan sistem elektrik. Cara kerja ini mirip seperti cara kerja dari perangkat RAM dan juga flashdisk. Pada HDD cara kerja menggunakan sistem mekanik dan juga elekrtik. Ini artinya kinerja dari HDD belum 100% elektrik. Hal ini membuat kecepatan respon SSD lebih baik.

7. Dari Segi Fragmentasi

Men-defrag harus sering-sering dilakukan jika menggunakan HDD. Namun hal ini tidak perlu dilakukan bagi yang menggunakan SSD. SSD adalah alat dengan proses penyimpanan yang tidak ribet. Inilah mengapa pengguna SSD juga merasa jauh lebih diuntungkan daripada menggunakan HDD. Pengguna HDD dituntut untuk lebih rajin men-defrag agar kualitas kerja dari HDD bisa tetap bagus.

Bagi yang masih awam tentang SSD dan HDD, informasi yang ada di atas jelas sangat berguna sekali. Informasi tentang perbedaan SSD dan HDD ini akan membantu dalam memilih perangkat penyimpanan yang terbaik. Perbedaan SSD dan HDD inilah yang menjadikan kualitas penyimpanan file di setiap perangkat laptop menjadi berbeda.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …