5 Fakta Tentang Oorth, Aplikasi Sosial Media Buatan Indonesia

Media sosial seakan menjadi kebutuhan baru saat ini. Berbagai aplikasi media sosial hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ternyata para pemuda-pemuda Indonesia juga tak ingin ketinggalan perihal inovasi di bidang media sosial. Ini ditunjukkan dengan hadirnya beragam aplikasi sosial media buatan Indonesia. Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Oorth.

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi media sosial dari Indonesia yang berencana untuk go international. Saat ini aplikasi ini juga memiliki pengguna yang cukup banyak. Hanya saja mungkin banyak yang belum mengenal aplikasi ini. Berikut ada fakta-fakta terkait Oorth yang baiknya disimak agar semakin mengenal aplikasi buatan anak bangsa ini.

1. Diluncurkan Pada 2017

Pengguna media sosial saat ini semakin meningkat. Untuk menyikapi hal ini berbagai pengembang software beramai-ramai menghadirkan alternatif media sosial baru di masyarakat. Skynosoft pun tak meninggalkan peluang ini dengan turut meluncurkan Oorth. Kehadiran Oorth menambah alternatif media sosial baru buatan anak bangsa. Oorth sendiri diluncurkan pada tahun 2017 lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2017.

Bertempat di Kuningan, Jakarta aplikasi yang berada di bawah naungan Skynosoft ini resmi diluncurkan. Kehadiran aplikasi ini diharapkan menjadi kesegaran baru dalam dunia media sosial. Bahkan Oorth mematok target untuk merambah pasar internasional. Untuk mengejar target ini, Oorth siap memberikan berbagai nuansa baru yang pastinya akan menarik pengguna.  

2. Melakukan Adopsi Kearifan Budaya Indonesia

Aplikasi anak bangsa yang satu ini rupanya tak meninggalkan kesan kearifan Indonesia di dalamnya. Ada beberapa kearifan budaya Indonesia yang akhirnya diadopsi dalam aplikasi ini. Budaya-budaya yang dimaksud adalah budaya gotong royong, iuran, Woro-woro hingga 3S. Berbagai budaya tersebut kemudian diaplikasikan pada beragam fitur yang hadir di aplikasi ini.

Fitur-fitur yang merupakan hasil aplikasi tersebut adalah fitur chat, digital wallet, donasi, hingga stream. Ini merupakan implementasi dari keempat kearifan budaya yang disebutkan di atas. Wah, benar-benar tak meninggalkan rasa Indonesia, bukan?

3. Pengguna Cukup Banyak

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 lalu, aplikasi ini rupanya memiliki pengguna yang cukup banyak. Saat pertama kali diluncurkan saja, total penggunanya sudah mencapai 2000 pengguna. Selain itu ada kurang lebih sekitar 200 komunitas yang bergabung dalam aplikasi ini.

Hal ini tentu menjadi salah satu bukti bahwa aplikasi ini memiliki cukup banyak peminat. Total unduhan di playstore terhadap aplikasi ini sendiri sudah mencapai jutaan download. Memang ada beragam fitur menarik yang kemudian membuat banyak calon pengguna tertarik mengunduh aplikasi ini.

4. Beragam Fitur Menarik

Tadi kita sedikit membahas terkait dengan fitur-fitur yang diambil dari kearifan lokal Indonesia. Namun, selain fitur-fitur tersebut rupanya masih ada berbagai fitur lain yang ada pada aplikasi sosial media buatan Indonesia ini. Pembagian fitur tersebut dibagi menjadi dua mode. Untuk mode yang pertama adalah mode personal lalu mode yang kedua adalah mode komunitas.

Pada mode personal penggunaannya lebih ditekankan pada penggunaan media sosial secara personal seperti pada umumnya. Hanya saja pada mode ini ditambahkan fitur wallet yang tersambung dengan Skypay(produk pembayaran online milik Skynosoft). Lalu pada mode komunitas ada fitur grup chat yang umum kita temukan. Kelebihan pada mode komunitas hadir melalui fitur kalender, notulensi serta iuran komunitas.

5. Menuju Marketplace

Oorth ternyata juga memperhatikan peluang dari semakin maraknya bisnis online saat ini. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran Oorth yang nantinya juga dikembangkan sebagai sebuah marketplace. Terbukti dari hadirnya toko-toko yang kemudian memutuskan membuka kanal online shop mereka di Oorth.

Kehadiran Oorth menjadi salah satu wujud keseriusan anak bangsa untuk masuk dalam industri media sosial yang saat ini berkembang. Dapat dikatakan jika Oorth menjadi aplikasi sosial media buatan Indonesia yang cukup diperhitungkan. Apalagi ada berbagai macam hal baru yang ditawarkan Oorth untuk penggunanya. Jadi, tertarik menggunakan Oorth?

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …