Rekomendasi Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis 3D

Menyangkut urusan desain grafis 3D, seperti desain grafis ataupun editing vidio diperlukan spesifikasi laptop yang mumpuni. Namun sebagian besar desainer grafis merasa ragu menggunakan laptop karena dinilai rentan dan lebih lambat dibandingkan desktop PC. Tetapi teknologi berkembang dan mampu menciptakan laptop yang dapat memenuhi kebutuhan desain grafis, tergantung pemilihan laptop yang sesuai. Berikut spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D :

Prosesor

Spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D yang pertama dilihat dari prosesor. Karena prosesor merupakan bagian yang pekerjaannya paling berat. Prosesor bertanggung jawab melakukan perhitungan logis dari setiap proses yang diberikan user. Yang mesti jadi pertimbangan dalam spesifikasi prosesor adalah clock speed, core, besaran kapasitas cache, generasi prosesor, hyper treading dan virtualization.

Perangkat keras yang satu ini diibaratkan sebagai otak pada mahluk hidup. Untuk desain grafis 3D pilihlah minimal Intel Core i3 tetapi jika dana memungkinkan pililah yang memiliki spesifikasi lebih tinggi, karena semakin tinggi, performanya semakin bagus.

GPU (Graphic Processing Unit)

Bagian dari laptop yang bertugas menangani tampilan visual laptop biasa disebut GPU. Spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D, memiliki GPU tersendiri dengan kapasitas minimal 2 GB. Semua itu agar mendapatkan kecepatan kerja serta tampilan yang jauh lebih bagus.

Selain prosesor, GPU memegang peranan yang cukup penting juga dalam urusan desain grafis 3D, karena GPU merupakan prosesor khusus urusan grafis. Biasanya GPU discreet dari NVIDIA atau AMD ATI Radeon, yang masing-masing mempunyai kelemahan dan kelebihannya. Jadi disesuaikan kembali pada kebutuhan.

RAM

Komponen ini berpengaruh terhadap kinerja sebuah laptop. Jadi sangat disarankan spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D memiliki RAM yang mumpuni. Setidaknya butuh RAM 4 GB untuk laptop desain grafis, tetapi yang paling penting laptop memiliki slot memori tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengupgrade RAM, yang minimal dapat diupgrade sampai 8 GB.

Semakin tinggi spesifikasi RAM, kinerja laptop juga akan lebih tinggi pula, pilihlah generasi antara DDR3 dan DDR4 tentunya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Layar

Berikutnya yang mesti ada dalam spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D adalah layar. Karena seorang grafis desain dituntut untuk berlama-lama menatap layar, jadi kenyamanan dan kesehatan mata menjadi faktor utama yang diperhatikan. Pilihlah laptop dengan layar 15.6 inci karena memiliki sudut pandang luas dan tentunya lebih nyaman ketimbang layar 14 inci.

Pilihlah laptop dengan resolusi layar setidaknya 1920 x 1080 atau biasa disebut full HD, sehingga mata nyaman dan tidak mudah lelah. Jangan pilih resolusi dibawah itu, yang hanya akan menyusahkan di kemudian hari.

Hardisk

Selain media penyimpanan yang besar, laptop untuk desain grafis 3D harus juga cepat. Disarankan pilihlah laptop dengan kapasitas hardisk sebesar 1 TB. Karena foto atau video yang diambil dari kamera DSLR cenderung sangat besar kapasitasnya, sekitar 5 sampai 8 MB dalam mode normal dan akan lebih besar lagi jika dalam mode RAW.

Urusan kecepatan belum ada media penyimpanan yang melebihi SSD yang jelas mahal tetapi jika budget tidak mendukung apa boleh buat HDD menjadi pilihan, intinya bersabar saja jika sedikit lemot. Kalau bisa carilah laptop yang dapat dipasang SSD sekaligus HDD.

Itulah 5 spesifikasi laptop untuk desain grafis 3D yang bisa jadi bahan pertimbangan. Pilihlah laptop dengan bijak sehingga tidak menyulitkan untuk ke depannya. Jangan tergiur harga murah, ingat ada harga ada barang, kualitas dapat dilihat berdasarkan harga.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …