Jenis-Jenis Sumber Energi Terbarukan

Energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami dan mengalami proses yang berkelanjutan. Sumber energi terbarukan ini merupakan sebuah sumber daya yang dihasilkan secara alami dan tidak akan pernah habis apabila dapat dikelola dengan baik. Penggunaan sumber energi terbarukan ini akan mampu mengurangi pencemaran lingkungan yang ada.

Saat ini, sumber energi terbarukan yang ada di Indonesia terbilang banyak. Terlebih ketika kita mampu memanfaatkannya dengan baik. Hal tersebut akan mampu menggantikan energi fosil. Berikut beberapa sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan, antara lain:

1. Biofuel Dari Bahan Organik

Bioufel atau yang sering di kenal dengan bahan bakar hayati merupakan sebuah sumber energi terbarukan baik padat, cair, maupun gas yang dihasilkan dari bahan organik yang ada. Jenis tanaman yang digunakan untuk Biofuel ini memiliki kandungan yang sangat tinggi dan memiliki kandungan minyak nabati tinggi. Contoh tanaman yang memiliki kandungan minyak nabati yang tinggi yaitu jarak, ganggang dan kelapa sawit.

2. Panas Bumi Yang Berlimpah

Geothermal atau panas bumi ini merupakan sebuah energi yang dihasilkan dan disimpan di dalam bumi. Adanya energi panas bumi ini terbilang cukup ekonomis, berlimpah dan berkelanjutan. Pemanfaatan dari panas bumi tentunya membutuhkan sebuah teknologi eksploitasi. Di Indonesia kini sudah mulai banyak pembangkit listrik tenaga panas bumi atau yang dikenal dengan PLTP ini dan sudah mulai dikembangkan di berbagai wilayah yang tersebar di Indonesia.

3. Bahan Bakar Fosil Dengan Air

Air terbilang mudah untuk kita temui, banyak sekali air yang terdapat disekitar kita. Pergerakan alami karena gravitasi air yang mengalir dari permukaan tinggi menuju rendah ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi. Hal ini dapat dijadikan salah satu alternatif bahan bakar fosil yang paling umum. Dengan memanfaatkan energi potensial dan energi kinetik yang ada, air ini mampu memiliki manfaat yang luar biasa.

4. Gelombang Laut

Indonesia termasuk dalam negara yang luas. Bahkan setiap pulau terdapat pemisah seperti halnya lautan, tak heran jika Indonesia dikenal dengan istilah negara maritim.  Adanya energi gelombang laut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan dengan memanfaatkan tekanan naik turunnya gelombang air laut yang ada.

5. Biomassa Dari Makhluk Hidup

Hampir seperti Biofuel, biomassa ini berasal dari bahan-bahan organik. Makhluk hidup seperti halnya nabati dan hewani baik yang masih hidup maupun sudah mati dapat diolah sebagai sumber energi. Namun biomassa ini lebih identik dengan tanaman. Bahkan sumber energi yang satu ini dapat diperbaharui karena dapat dengan mudahnya ditanam lagi. Biasanya bahan yang sering digunakan untuk biomassa ini merupakan sebuah bahan makanan seperti jagung, tebu, kedelai, kelapa sawit maupun kopi jika tidak pandai dalam memperkirakan penggunaan bahan tersebut, tentunya bahan makan juga akan mengalami kelangkaan.

6. Sumber Energi Terbarukan Dari Angin

Angin ini tentunya berada di seluruh dunia. Selama bumi berputar, tentu keberadaan angin ini akan selalu ada. Ketika energi angin dikumpulkan, maka akan dapat digunakan sebagai sumber energi. Seperti halnya kincir angin yang sudah ada di berbagai negara. Selain untuk menggiling bahan makanan seperti halnya di Persia, kincir angin juga dapat di gunakan untuk menyalurkan air. Yang lebih populer lagi, keberadaan energi angin ini akan mampu digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

Sumber energi terbarukan ini akan mampu mengganti penggunaan minyak bumi yang ada. Seperti yang kita ketahui, ketika sumber minyak bumi yang ada semakin berkurang, tentunya keseimbangan dalam kegiatan keseharian akan berubah. Dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan ini akan mampu memudahkan dan menjadi jalan alternatif pengganti fosil yang digunakan dalam kehidupan.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …