Penerapan Teknologi Artificial Intelligence Yang Begitu Canggih

Saat ini semakin berkembangnya zaman, kemajuan teknologi semakin meningkat pesat. Berbagai macam inovasi diciptakan oleh para ilmuwan untuk semakin mempermudah aktivitas manusia sehari-hari. Salah satunya yaitu teknologi artificial intelligence. Teknologi ini merupakan suatu kecerdasan buatan yang didalamnya terdapat suatu sistem yang dapat diatur dalam konteks ilmiah (umumnya dianggap komputer. Seperti apa kecanggihan dari teknologi ini? Simak penerapannya berikut ini.

1. Mobil Tesla

Kini banyak sekali artificial intelligence yang diterapkan di benda-benda yang mendukung aktivitas manusia sehari-hari, salah satunya pada mobil. Mobil yang disematkan teknologi artificial intelligence ini diberi nama dengan sebutan “Tesla”. Saking canggihnya Tesla ini, bahkan mobil ini bisa berfungsi semestinya tanpa bantuan tenaga manusia.

Terkenal dengan mobil yang meniadakan fungsi manusia sebagai driver, Tesla dijuluki mobil terbaik hingga sekarang. Maka tak heran mobil ini telah memperoleh banyak penghargaan karena fiturnya yang sangat mumpuni. Adapun fitur andalan dari Tesla diantaranya dapat mengemudi sendiri, kemampuan prediktif, serta inovasi teknologi mutlak.

2. Cogito

Mungkin nama Cogito masih asing bagi banyak orang. Salah satu penerapan teknologi artificial intelligence ini merupakan teknologi kecerdasan buatan layaknya perilaku manusia yang berfungsi untuk meningkatkan pelayanan perusahaan. Awalnya cogito ini diciptakan oleh salah satu perusahaan pembelajaran mesin dan ilmu perilaku.

Dengan menggunakan Cogito, perusahaan dapat meningkatkan interaksi pelanggan dengan para call centre. Cogito ini sangat sesuai bagi perusahaan yang melayani jutaan panggilan suara yang dilakukan setiap hari. Dengan menggunakan teknologi ini, perusahaan akan lebih memaksimalkan pelayanan untuk para pelanggannya.

3. Netflix

Bagi pecinta film dunia pasti sudah akrab dengan teknologi yang satu ini. ya, Netflix memungkinkan seseorang dapat melihat berbagai rekomendasi film di dunia sesuai dengan minatnya. Teknologi artificial intelligence yang satu ini dapat dikatakan sebagai layanan content-on-demand yang kini sangat populer di kalangan masyarakat dunia.

Netflix ini menggunakan teknologi prediktif untuk menyediakan berbagai macam rekomendasi berdasarkan reaksi, minat, pilihan, dan perilaku pengguna. Saat ini, aplikasi ini semakin mengalami banyak perkembangan dan lebih cerdas tentunya. Akan tetapi, film-film yang kurang terkenal masih luput dari perhatian.

4. Siri

Bagi pengguna iPhone dan iPad pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Siri merupakan salah satu asisten pribadi virtual yang sangat terkenal bagi pengguna smartphone buatan Apple Inc perusahaan asal California ini. Aplikasi ini menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi pertanyaan dan permintaan bahasa alami yang lebih cerdas dan mampu dipahami.

Siri akan mengaktifkan suara asisten perempuan yang dapat berinteraksi dengan manusia dalam melakukan rutinitasnya sehari-hari. Dengan menggunakan Siri, pengguna gadget akan lebih terbantu aktivitasnya. Seperti, membantu menemukan informasi, petunjuk arah, mengirim pesan, melakukan panggilan suara, dan lain sebagainya. Sangat membantu bukan? Tentunya pengguna gadget akan lebih dipermudah dan efektif.

5. Flying Drone

Drone memungkinkan seseorang untuk melihat lingkungan sekitar dalam bentuk 3D melalui sensor dan kamera video yang dirancang didalamnya. Meskipun dalam mode uji coba, salah satu penerapan teknologi artificial intelligence ini sudah banyak penggunanya. Drone ini menerapkan sistem pembelajaran mesin yang sangat canggih untuk menerjemahkan lingkungan.

Sensor dan kamera yang dirancang pada flying drone dapat mendeteksi posisi drone saat sedang diterbangkan. Dengan sistem algoritma di dalamnya, drone dapat dipandu kemana saja ia akan bergerak sesuai dengan keinginan penggunanya. Dengan menggunakan Wi-Fi, seseorang dapat melakukan pengiriman produk, pembuatan video, atau pelaporan berita dengan hanya menerbangkan drone ini.

Itulah beberapa penerapan teknologi artificial intelligence yang sangat memudahkan aktivitas manusia. Kecanggihan-kecanggihan yang ada pada benda-benda diatas merupakan wujud dari pemikiran para ilmuwan yang mempunyai tujuan untuk lebih mengefisienkan waktu dan tenaga manusia.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …