Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu, No 2 Paling Penting

Sekarang ini sudah zamannya serba online. Kegiatan jual beli pun di zaman ini sudah sangat mudah. Hanya tinggal mengklik dan bayar lalu barang pesanan pun akan segera dikirim dan sampai. Barangnya pun beragam dari makanan, pakaian, hingga elektronik seperti laptop pun bisa dengan mudah untuk dimiliki. Untuk membeli laptop agar tidak tertipu terutama membeli laptop yang bekas ternyata ada caranya tersendiri. Adapun tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Masa Pemakaian Yang Tidak Terlalu Lama

Tips pertama membeli laptop bekas adalah cek masa pemakaiannya. Barang elektronik itu jika semakin lama dipakai maka performanya pun akan semakin menurun. Maka dari itu, tanyakan pada penjualnya kapan dia membeli laptop tersebut. 

Jika memungkinkan mintalah nota pembeliannya dulu. Lihat dengan jeli pada tahun berapa laptop tersebut dibeli. Paling lama usia dari laptop bekas yang dibeli itu kurang lebih harus satu tahun. Jika ingin mendapatkan performa laptop yang masih oke. Lebih dari satu tahun, maka kinerja laptop pun akan menurun.

2. Cek Spesifikasi

Saat sudah bertemu dengan si penjual, jangan 100% percaya terhadap spek laptop yang diberitahukan. Namun cek sendiri laptop tersebut mulai dari speknya, lewat dixdiag, atau secara lengkapnya bisa bawa software sendiri seperti CPU-Z agar hasilnya lengkap dan akurat.

Tips membeli laptop bekas ini merupakan tips yang sangat penting untuk dilakukan karena berkaitan dengan kemampuan laptop itu sendiri.

3. Periksa Fisik Body (Casing) Laptop

Sebelum pengecekan lebih jauh, maka pengecekan yang pertama kali harus dilakukan adalah pada casingnya. Periksalah seluruh bagian casing laptop yang akan dibeli. Jika perlu, hitunglah jumlah goresan yang ada pada laptop tersebut. 

Hal tersebut bisa menentukan bagaimana kondisi laptop pada proses pengecekan yang selanjutnya. Karena bisa jadi semakin banyak jumlah baret, maka mengidentifikasikan bahwa laptop tersebut kurang mendapat perhatian dari si pemiliknya.

4. Perhatikan Tidak Ada Virus

Virus merupakan hal yang paling menjengkelkan di dunia perkomputeran. Maka dari itu, sebelum membeli laptop bekas, maka pastikan terlebih dahulu untuk mengeceknya apakah laptop tersebut bersih atau terkena virus.

Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan cara memakai anti virus yang sudah terinstall di laptop tersebut. Atau bisa juga memakai windows defender apabila laptop tersebut sudah memakai OS Windows agar hasilnya lebih akurat.

5. Penyimpanan Yang Lega Dan Normal

Dalam membeli laptop yang bekas, maka usahakanlah membelinya yang mempunyai penyimpanan yang masih lega dan normal. Paling tidak laptop tersebut harus punya total penyimpanan 1 terrabytes. Sehingga sangat memungkinkan sekali untuk menginstall aplikasi yang dibutuhkan serta menyimpan data-data yang berukuran besar pada laptop tersebut nantinya.

6. Garansi Dan Layanan Purna Jual

Tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu yang terakhir adalah perhatikan garansi dan layanan purna jualnya. Usahakan jika membeli laptop bekas carilah yang garansinya 2 tahun agar ketika ada kerusakan pada laptop tersebut maka bisa dikembalikan lagi.

Selain itu, perhatikan juga pelayanan purna jualnya. Pilihlah purna  jual yang mempunyai sopan santun karena purna jual yang mempunyai sopan santun akan sangat menyenangkan saat ditanya mengenai laptop yang dibeli.

Itulah beberapa Tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu yang bisa dicoba. Dengan berhati-hati ketika membeli suatu produk, maka otomatis kualitas produk yang didapatkan pun akan lebih terjamin meskipun barang yang dibeli adalah barang bekas. Maka dari itu, teliti sebelum membeli merupakan langkah cerdas yang harus dilakukan.

Check Also

cara melacak lokasi no hp

5 Cara Melacak Lokasi No Hp Paling Sederhana

Melacak nomor hp merupakan sebuah kegiatan yang sekarang banyak dilakukan. Cara ini biasanya dipilih karena …