Menikmati Keindahan Alam Nan Asri Di Bukit Selong Lombok

Lombok merupakan daerah yang sangat terkenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Banyak tempat wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang dijadikan tujuan berlibur para wisatawan. Lombok tidak hanya menyuguhkan pesona pantai dan laut saja, melainkan juga menawarkan keindahan pemandangan hijau yang alami dari pegunungan dan perbukitan. Salah satu tempat wisata di Lombok yang memiliki keindahan alam yang asri adalah Bukit Selong Lombok. Bukit ini memberikan banyak daya tarik yang dapat memikat para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi

Bukit Selong Lombok merupakan tempat wisata alam menarik yang berlokasi di Pusuk Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata ini tepatnya berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Wisatawan yang hendak menuju ke tempat ini harus menempuh waktu sekitar 2 hingga 3 jam dari Mataram.

Daya Tarik Bukit Selong Lombok

Tempat wisata ini memiliki beberapa keunikan dan daya tarik tersendiri di hati wisatawannya. Apalagi jika wisatawan yang berkunjung merupakan anak pecinta alam dan pegunungan. Beberapa daya tarik Bukit Selong Lombok yang bisa diketahui adalah sebagai berikut :

1. Pemandangan Alam Yang Begitu Indah

Bukit Selong Lombok memiliki pemandangan alam lanskap Gunung Rinjani yang begitu indah didampingi oleh hamparan sawah penduduk yang berwarna-warni. Selama perjalanan menuju bukit ini, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pohon-pohon bambu dan pepohonan hijau yang terlihat sangat asri.

Sensasi pengalaman yang mengagumkan adalah dengan melihat pemandangan alam sekitar dari atas bukit. Hal tersebut akan menjadi kepuasan batin tersendiri bagi para wisatawan, khususnya wisatawan pecinta alam.

2. Melihat Desa Beleq, Situs Peninggalan Sejarah Masa Lampau

Desa Beleq merupakan situs peninggalan sejarah leluhur Desa Sembalun. Meskipun desa ini sudah tidak ditempati lagi, tetapi kelestariannya masih terawat dan terjaga dengan baik. Desa ini dulunya pernah ditinggali oleh warga beberapa abad yang lalu sebelum dihancurkan oleh letusan dahsyat dari Gunung Rinjani.

Desa ini memiliki tujuh buah rumah adat, dua geleng untuk menyimpan harta benda serta satu malang untuk tempat ibadah, satu batu bertuah, dan satu batu delpak sebagai kendaraan penghulu untuk berpatroli.

3. Spot Foto Keren Yang Instagramable

Bukit Selong Lombok merupakan tempat yang cocok dipilih bagi para pecinta selfie dan pengoleksi foto wisata alami. Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang keren dan instagramable dengan background hamparan sawah luas yang dikelilingi pegunungan.

Oleh karena hal itu, tempat wisata ini bisa digunakan sebagai tempat untuk mengabadikan momen kebersamaan dengan sahabat maupun keluarga. Sehingga, koleksi foto kebersamaan semakin bertambah dengan hasil yang menakjubkan.

4. Tempat Camping Yang Seru

Bukit Selong Lombok juga bisa digunakan sebagai tempat camping yang seru untuk menghabiskan malam bersama sahabat-sahabat tercinta. Disini, wisatawan bisa menikmati keindahan alam bukit yang lebih lama mulai dari pagi hari hingga pagi lagi.

Selain itu, wisatawan juga bisa membawa alat musik seperti gitar untuk menghidupkan suasana kebersamaan. Sehingga, wisatawan akan merasakan suasana malam yang begitu indah di bukit ini.

5. Pengalaman Paralayang Yang Menantang

Hal menarik terakhir yang bisa dilakukan di tempat wisata ini adalah merasakan pengalaman bermain paralayang yang menantang adrenalin. Dikarenakan Bukit Selong Lombok tidak terlalu tinggi, maka bukit ini bisa digunakan untuk melakukan paralayang.

Paralayang pada umumnya dilakukan pada musim panas. Jika wisatawan melakukan paralayang pada musim penghujan, maka pemandangan sekitar tidak terlalu terlihat jelas karena kabut yang menyelimuti.

Itulah beberapa keindahan alam nan asri dari Bukit Selong Lombok yang bisa diketahui. Jangan lupa menyempatkan berkunjung ke tempat ini ya jika sedang berkunjung ke Lombok.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …