Ulasan Lengkap Objek Wisata Candi Barong

Nama objek wisata Candi Barong mungkin masih terasa begitu asing apabila dibandingkan dengan candi borobudur maupun candi prambanan. Namun candi yang satu ini tidak kalah bagus dan uniknya. Candi yang berada di atas bukit ini memiliki keindahan yang luar biasa. Hamparan hijau pohon mengelilingi candi membuat wisata anda akan semakin berkesan.

Sejarah Candi Barong

Candi Barong merupakan candi peninggalan umat hindu. Masyarakat sekitar memberikan nama tersebut lantaran memiliki hiasan kala makara berupa kepala singa (barong) yang memiliki rahang. Candi ini disebut juga sebagai Candi Suragedug yang ditemukan dalam Prasasti Raka Baka (856 M). Para ahli sejarah memperkirakan candi ini digunakan untuk memuja Dewa Wisnu. Dimana banyak  ditemukan arca Dewi Sri (istri Dewa Wisnu) dan Sankha bersayap yang merupakan salah satu simbol milik dewa wisnu

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Candi Barong

Obyek wisata ini berada di dusun Candisari Desa Sambirejo Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika hendak berwisata ke candi ini, cukup ikuti rute ke arah candi prambanan. Jika anda dari yogyakarta, belok kanan di persimpangan dan ikuti petunjuk menuju Candi Barong dan candi banyunibo. Atau gunakan aplikasi maps pada smartphone. Obyek wisata ini sangat murah meriah. Harga tiket masuknya adalah 5 ribu rupiah.

Keunikan Candi Barong

Candi ini tentunya memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tariknya. Berikut ini beberapa keunikan Candi Barong, di antaranya :

1. Hiasan Kala Makara Yang Unik

Hiasan kala makara yang berada di Candi Barong berupa kepala singa (barong) yang memiliki rahang bawah. Hal ini berbeda dengan candi yang ada di jawa pada umumnya. Kebanyakan candi lainnya hanya terdapat kepala singa tanpa rahang. Tentu ini sangat menarik di lihat dan diabadikan.

2. Memiliki Pelataran Yang Luas

Palataran yang ada di Candi Barong adalah yang terluas jika dibandingkan candi yang ada di Sleman. Hal ini cocok bagi kamu akan berlibur bersama keluarga. Terutama bagi anda yang masih memiliki anak yang masih kecil.

3. Memiliki 2 Buah Candi Kembar Tapi Beda

Candi Barong memiliki 2 buah candi kembar tapi tidak sama. Hal ini dikarenakan bentuk dan ukuran hampir sama. Para ahli sejarah mengatakan bahwa candi tersebut dibangun tidak dengan waktu bersamaan.

Candi pertama berukuran 8,20 m x 8,20 m dengan tinggi 9,25 m,  diyakini sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu dan candi kedua berukuran 8,25 m x 8,25 m dengan tinggi 9,25 m sebagai pemujaan Dewa Sri.

4. Bangunan Berbentuk Punden Berundak Dan Memiliki Hiasan Relief Ghana

Bangunan Punden Berundak maksudnya Model bangunan suci pada masa prahindu. Sedikit berbeda dengan kebanyakan candi di Jawa Tengah.

Candi ini juga memiliki hiasan relief Ghana. Ghana merupakan hiasan berupa makhluk kerdil yang menopang atau menyangga relung-relung candi

5. Memiliki Hiasan Sankha Bersayap

Sankha bersayap merupakan salah satu simbol dewa wisnu. Hal ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan candi-candi yang ada di jawa pada umumnya. Dimana kebanyakan candi merupakan tempat pemujaan dewa siwa.

6. Wisata Sejarah Sambil Menikmati Sunset

Candi Barong terletak di atas bukit. Bagi kamu pemburu foto matahari terbenam. Objek wisata Candi Barong merupakan alternatif yang bisa kamu pilih. Banyak spot-spot foto yang dapat di pilih. Selain itu, hamparan hijau nan luas akan memanjakan mata anda.

Jadi jangan ragu untuk mengunjungi objek wisata Candi Barong. Tempat wisata yang satu ini begitu unik dan juga kaya akan nilai sejarah. Tak kalah apabila dibandingkan dengan candi yang sudah mendunia seperti candi prambanan dan candi borobudur. Selain itu, objek wisata ini juga sangat murah meriah.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …