Candi Sambisari, Keunikan Yang Tertanam Di Bawah Tanah

Candi tidak pernah kehilangan daya tariknya. Nilai sejarah yang tinggi selalu menarik perhatian wisatawan Keunikan yang tidak biasa. Candi Sambisari menjadi destinasi wisata yang mengalami peningkatan wisatawan setiap tahunnya. Bagaikan harta karun yang terpendam di bawah tanah, demikianlah perumpamaan sebuah candi yang tersembunyi di bawah tanah ini.

Keunikan yang tidak biasa, tentunya akan menyimpulkan satu rasa penasaran yang tidak biasa juga. Keunikan dari Candi Sambisari ini, tidak dapat dideskripsikan dengan sempurna. Menjawab setiap rasa penasaran yang ada, berikut keunikan dari tempat wisata ini :

1.  Candi Yang Terkubur Dalam Tanah

Salah satu candi yang terbilang aneh,  tempat wisata ini terletak di dalam tanah. Karena posisi letaknya, Candi Sambisari menjadi pusat perhatian publik. Kisahnya, beberapa abad yang lalu, lokasi candi ini merupakan pusat peradaban mataram kuno.

Candi-candi yang dibangun digunakan sebagai tempat pemujaan maupun simbol-simbol tertentu. Salah satunya Candi Sambisari, yang berdiri kokoh dengan berderet-deret dari kaki merapi.

2. Pemandangannya Yang Indah

Memiliki pemandangan sekitar yang sangat hijau dan asri, tidak menghilangkan unsur alam dari candi ini sendiri. Walau terkubur dalam tanah selama berabad-abad yang lalu.

Candi ini tidak pernah kehilangan daya tariknya. Di sekeliling candi ini ditumbuhi oleh pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi, memberikan ketengan, dilengkapi dengan angin sepoi-sepoi yang menyapa setiap pengunjung yang datang.

3. Patung-Patung Di Dalam Candi

Banyak para arkeolog yang melakukan penelitian di candi ini, karena keunikannya yang membuat penasaran, candi ini setiap hari ramai di kunjungi wisatawan. Candi Sambisari ini, memiliki kemiripan dengan Candi Prambanan, yakni latar belakang keagamaannya yang bersifat Siwaitis.

Jika memasuki candi ini, pengunjung akan mendapati patung-patung dewa Hindu di dalamnya, salah satunya Lingga-Yoni. Candi ini juga memiliki patung-patung disetiap penjurunya, diantaranya terdapat patung Durga Mahisasuramardhini, Ganesa dan Agastya. Sedangkan simbol penjaganya pintunya adalah patung Mahakala dan Nandiswara.

4. Museum Candi Sambisari

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati suasana candi yang unik dan alam yang asri. Walaupun tidak memiliki lahan yang luas, Candi Sambisari ini memiliki museum mini. Di dalamnya berisikan banyak sekali informasi sejarah-sejarah dan penemuan-penemuan, terdapat juga batu-batuan, arca-arca dan juga foto candi pada saat belum ditemukan dan sesudah ditemukan.

Mengunjungi museum mini ini, semua rasa penasaran pengunjung akan terjawabkan. Selain itu, terdapat juga foto-foto proses penggalian Candi Sambisari.

5. Struktur Candi Sambisari

Struktur candi ini ini juga tergolong unik, dikelilingi dengan dua lapis pagar. Halamannya dikelilingi pagar batu, tinggi dan rendah. Pagar dari candi ini sendiri memiliki ketebalan 50 cm sedangkan tingginya tingginya 2 m. sedangkan pintu  masuknya berupa gapura yang dihiasi dengan ukiran-ukiran unik.

Candi Sambisari ini sendiri memiliki bentuk seperti bujur sangkar. Atapnya menyembul ke atas memberikan kesan layaknya seperti tambun. Untuk tangga candi ini sendiri. Dihiasi dengan motif kertas tempel. Motif itu sendiri adalah kaki bingkai dihiasi pahatan kepala naga dengan mulut ternganga.

Satu kali waktu, terjadi erupsi dahsyat di sekitar Candi Sambisari. Gunung ini memuntahkan material vulkanik di seluruh penjuru. Peristiwa ini memporak-porandakan peradaban hingga memecahkan masyarakat. Semua candi yang dibangun, akhirnya terkubur di dalam tanah. Salah satunya adalah Candi Sambisari. Karena itu tidak heran jika candi ini terkenal dengan letaknya yang berada di dalam tanah. Pengunjung yang mengunjungi candi ini pasti akan terkesima dengan keunikan yang dimiliki.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …