Wisata Gunung Mungker Jogja, Surga Tersembunyi Kota Bantul

Jogja tidak hanya terkenal sebagai kota pelajar namun juga surganya obyek wisata. Baik itu obyek wisata alam, kuliner maupun sejarah. Salah satu tempat wisata alamnya adalah gunung mungker jogja. Meskipun tidak sepopuler tempat wisata lain, namun tempat wisata yang satu ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Berikut ini informasi lengkap tentang obyek wisata Gunung Mungker yang bisa dijadikan referensi tambahan buat para traveler yang akan berkunjung.

Akses Menuju Lokasi Gunung Mungker Jogja

Gunung Mungker berada di Desa Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Untuk sampai ke lokasi ini, para pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 22,3 km dari pusat kota. Dengan waktu tempuh kira-kira 50 menit. Dari kota Jogja, perjalanan dilanjutkan menuju Bukit Bintang yang melewati Jalan Wonosari. Setelah sampai di perempatan Pathuk, bisa ambil jalur kanan menuju Dlingo.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke lokasi wisata Gunung Mungker Jogja, para pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 3.000,00/orang. Sedangkan, buat pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Sehingga sangat recommended buat yang sedang mencari tempat wisata yang murah namun dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Daya Tarik Wisata Gunung Mungker Jogja

Meskipun belum setenar tempat wisata lainnya, namun Gunung Mungker jogja memiliki beberapa daya tarik yang bisa menjadi magnet buat para wisatawan. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Pesona Alam Yang Menakjubkan

Gunung Mungker Jogja merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Bantul sehingga menawarkan lanskap alam khas perbukitan. Dari sini, para pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Jogja dari ketinggian. Sepanjang perjalanan menuju lokasi ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan tebing dan jalan yang meliuk-liuk. Untuk jalannya sendiri terbilang cukup sempit dan hanya cukup untuk satu mobil dengan rutenya yang dibuat melingkar satu arah. Sehingga akan menghadirkan sensasi wisata yang penuh petualangan dengan konsep back to nature.

2. Adanya Kebun Buah

Keunikan lain dari Wisata Gunung Mungker Jogja yang membedakan dengan wisata lainnya adalah adanya kebun buah dengan beraneka ragam buah. Mulai dari durian, kelengkeng, jeruk, sirsak, mangga, jambu dan berbagai macam buah lainnya. Namun,pohon-pohon tersebut hanya akan berbuah di musimnya saja. Sehingga jika ingin merasakan sensasi memetik buah langsung dari pohon, para pengunjung harus datang di waktu yang tepat. Dan pengunjung harus membeli buah itu dengan harga yang sudah ditentukan oleh pengelola wisata. Pastinya dengan harga yang lebih murah dengan harga di toko buah.

3. Adanya Area Flying Fox

Buat para pengunjung yang gemar menguji adrenalin, maka Wisata Gunung Mungker Jogja adalah pilihan yang pas. Disini sudah tersedia tempat outbond yang luas lengkap dengan peralatannya. Dan yang paling terkenal adalah area flying fox sepanjang 120 m.

4. Fasilitas Yang Lengkap

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Wisata Gunung Mungker Jogja juga sudah dikelola dengan baik sehingga fasilitas yang tersedia sudah sangat lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, musholla, pendopo hingga taman bunga. Selain itu, disini juga jumpai banyak sekali warung makan lengkap dengan menunya yang khas.

5. Spot Foto Yang Instagramable

Lokasinya yang berada di puncak, membuat Wisata Gunung Mungker Jogja memiliki beragam spot foto yang instagramable. Mulai dari spot foto berlatar pemandangan perbukitan, taman bunga, kereta kuda dan lingkaran kayu yang menyerupai bentuk hati. Namun yang paling hits adalah berfoto di balon udara yang sangat langka ditemukan di tempat wisata lain. Dan uniknya lagi, di area spot foto tersebut disediakan kotak sukarela dimana para pengunjung bisa memberikan uang sukarela disana. Uang tersebut yang kemudian digunakan untuk pengelolaan tempat wisata khususnya untuk membangun spot foto baru.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …