Kelingking Beach, Menjamah Surga Yang Tak Lagi Tersembunyi

Jengah dengan Bali yang kian ramai, mungkin ada baiknya jika menyeberang ke Pulau Nusa Penida. Pulau terbesar dari tiga Nusa yang secara administratif masih masuk dalam wilayah Provinsi Bali ini menyimpan keindahan surgawi di seluruh penjuru pulau. Salah satunya adalah Kelingking Beach, sebuah pantai rahasia yang melegenda.

Kelingking Beach sudah terkenal sebagai lokasi yang memiliki keindahan menawan. Deretan batuan karang yang membentuk formasi seolah tengah menunjuk ke lautan lepas. Pantai ini terletak di Desa Bunga Mekar dan dapat dicapai dengan melalui Pelabuhan Sanur, Padang Bay, Pelabuhan Benoa, atau dari Nusa Lembongan. Berikut beberapa alasan mengapa pantai ini layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata:

1. Apa Yang Dipandang Mata Tak Pernah Berbohong

Keberadaan Kelingking Beach sebenarnya sudah diketahui sejak lama, namun baru dalam beberapa tahun terakhir pantainya bisa dijamah. Sebelumnya pemandangan Kelingking Beach hanya bisa dinikmati dari kejauhan. Duduk di atas tebing sambil memandangi deret bebatuan yang tertutupi vegetasi hijau bersatu dengan warna birunya laut.

Dari ketinggian, dapat terlihat pasir pantai putih tepat di bawah tebing, seolah memanggil penuh kerinduan. Perpaduan antar hitam bebatuan diselingi oleh vegetasi hijau yang menutupinya dan diakhiri oleh pemandangan birunya lautan tak pernah gagal mengundang decak kagum.

2. Tak Lagi Jadi Surga Yang Bersembunyi

Melihat potensi wisata yang dimiliki, warga sekitar akhirnya membangun jalan menuju ke pantai dari atas tebing. Meskipun demikian, menuruni tangga menuju ke pantai bukanlah pekerjaan sulit dan tidak terlalu jauh. Terlebih dengan janji akan pemandangan indah laut lepas dari bibir pantai, keindahan yang dimiliki, trekking menuruni tebing bukanlah pekerjaan yang sulit.

Serta sepanjang jalan menurun, akan terlihat sudut pemandangan lain yang tak kalah indahnya. Menjadikan perjalanan menuju ke pantai menjadi semakin tidak terasa dan dalam sekejap, kaki sudah akan menapaki pasir pantai. Dan pantai yang tak lagi bersembunyi ini pun menyuguhkan pemandangan yang tak kalah dengan apa yang ditawarkan dari atas tebing.

3. Lokasi Terbaik Untuk Menambah Koleksi Feed Instagram

Kelingking Beach sudah pasti tidak akan mengecewakan sebagai tambahan feed postingan di Instagram. Setiap sudut seolah telah diciptakan oleh Sang Kuasa untuk tidak meninggalkan cela dan layak untuk dibagikan keindahannya melalui sebuah foto.

Tak mungkin tidak takjub melihat formasi batuan tebing yang menyerupai kepala T-Rex dilihat dari atas. Sepanjang jalan menurun, tampak sudut lain yang tak kalah memanjakan mata. Juga dari pantai di bawah tebing, ingin berlatar dinding tebing atau lautan lepas, tak ada masalah.

4. Bermain Di Pantai Pribadi

Meski pantai sudah bisa dikunjungi dan wisatawan yang datang tak harus menjadi punuk yang merindu bulan. Akan tetapi di pantai ini masih belum menjadi destinasi wisata yang paling populer. Melihat sisi positifnya, serasa tengah berada di pantai milik pribadi karena tak banyak wisatawan yang datang ke sana.

Mungkin akan lebih banyak berjumpa dengan turis asing dibandingkan dengan turis lokal. Karena turis asing lebih menyukai datang ke lokasi-lokasi yang masih belum banyak terjamah seperti ini. Semacam mengunjungi lokasi yang memiliki rugged beauty, yang belum tercemar oleh pembangunan.

5. Dekat Dengan Lokasi Wisata Lain

Satu hal yang paling menyenangkan dari sebuah destinasi wisata adalah keberadaan tempat wisata lain terdekat. Semacam sekali berenang, dua tiga pulau pun terlampaui. Sekali perjalanan, tidak hanya satu tempat wisata saja yang bisa dicapai.

Pantai ini hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan dengan motor dari Angel’s Billabong. Bahkan dari atas tebing sebelum turun ke pantai, dapat terlihat lokasi Pohon Cinta, Pantai Banah, dan Paluang Cliff. Serta Pura Paluang yang unik pun tak jauh jaraknya dari sana.

Datang berkunjung ke Kelingking Beach harus selalu waspada saat bermain di pantai. Karena pengelolaan kawasan masih dilakukan oleh masyarakat, belum ada penjaga pantai yang mengawasi. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjaga diri dan barang bawaan dengan baik. Pantai ini telah memiliki fasilitas standar seperti warung dan toilet umum.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …