Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok Yang Wajib Dibawa Pulang

Lombok merupakan destinasi wisata pilihan wisatawan domestik maupun mancanegara. Tidak kalah dari Bali, pulau ini memiliki berbagai wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Namun, ketika kalian berkunjung di pulau ini, tidak lengkap rasanya jika kalian tidak membawa oleh-oleh khas Lombok. Lombok terkenal memiliki bermacam-macam oleh-oleh khas yang wajib dicoba dan dibeli. Nah, berikut ini merupakan rekomendasi oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibawa pulang :

Susu Kuda Sumbawa

Ketika kalian berkunjung di Pulau Lombok, pasti sudah tidak asing lagi dengan oleh-oleh yang satu ini. Susu kuda liar ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat banyak. Salah satu khasiatnya yaitu dapat meningkatkan stamina pria dewasa. Susu ini rasanya lebih gurih dari susu sapi, namun juga sedikit asam seperti susu kambing. Merek susu kuda yang paling terkenal di sana adalah Susu Kuda 88. Di sana kalian juga dapat mengunjungi langsung wisata susu kuda liar. Nah, untuk harganya sendiri dijual mulai Rp. 85.000,00. Apakah kalian tertarik?

Dodol Rumput Laut

Dodol adalah makanan khas yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, bahan dan berbagai bentuk dodol berbeda-beda di tiap daerahnya. Di Lombok sendiri ada dodol unik yang beda dengan dodol-dodol lainnya. Dodol tersebut yaitu dodol rumput laut. Warna dari dodol ini pun bening seperti agar-agar. Produk ini sangat kaya akan manfaat, salah satunya dapat membantu melancarkan pencernaan. Jika kalian tertarik, kalian dapat membeli dodol ini mulai dari Rp. 10.000,00.

Minyak Gosok Sumbawa

Apakah kalian suka pijat? Jika iya, oleh-oleh yang satu ini cocok sekali untuk kalian beli. Minyak ini ternyata memiliki kegunaan lain selain untuk pijat. Kegunaan minyak ini sangat banyak seperti mengobati keseleo, mengobati luka bakar, mengobati patah tulang hingga masalah kejantanan. Yang menarik dari minyak ini adalah dibuat dengan cara yang sakral. Mulai dari penggunaan bahan, waktu membuat hingga orang yang membuat pun harus para pria. Menarik bukan?

Mutiara Lombok

Salah satu oleh-oleh yang dicari di Lombok yaitu mutiara Lombok. Mutiara ini paling banyak dibudidayakan di daerah Sekarbela. Bermacam mutiara dijual di sana, mulai dari butiran hingga sudah di rangkai sedemikian rupa. Di Lombok, ada dua jenis mutiara yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air laut berbentuk bulat, sedangkan mutiara air tawar berbentuk lonjong. Untuk harga, mutiara air tawar dijual dengan harga yang lebih murah dari mutiara air laut.

Kain Tenun Ikat dan Songket

Lombok juga memiliki kain tradisional yang menarik, kain tersebut ialah kain tenun ikat dan songket. Kain-kain itu kebanyakan diproduksi di desa Sukarara. Jika kalian ingin ke pergi ke sana, desa Sukarara terletak sejauh 20 km dari Mataram. Hampir kebanyakan wanita di desa ini adalah pengrajin kain tenun ikat dan songket khas Lombok. Kain dari Suku Sasak ini cukup menarik untuk kalian jadikan oleh-oleh karena dapat dijadikan baju ataupun desain interior. Harganya pun dijual sekitar Rp. 75.000,00 hingga Rp. 5.000.000,00.

Anyaman Ketak

Di Lombok terdapat sebuah desa sentra kerajinan tangan tertua dan terbesar di Lombok yaitu Desa Beleka. Desa ini terkenal menghasilkan karya kerajinan tangan berupa anyaman ketak. Anyaman ini terbuat dari suatu tanaman liar yang disebut dengan ketak. Nah, di sini tanaman ketak diolah menjadi berbagai kegunaan seperti tas wanita, pajangan rumah, tatakan gelas dan lain sebagainya. Kalian dapat membeli anyaman ini mulai dari harga Rp. 15.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lombok yang wajib dibawa pulang. Apakah kalian tertarik dengan oleh-oleh tersebut? Semoga artikel ini dapat membantu kalian menemukan oleh-oleh yang pas untuk keluarga ataupun orang yang tersayang.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …