Lokasi, Rute, Harga Tiket Dan Keunikan Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang bersejarah di Indonesia. Pantai ini juga memiliki berbagai macam mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai rumahnya Nyi Roro Kidul. Semua keindahan dan mitos yang ada membuat pantai ini memiliki berbagai macam daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Lokasi Dan Rute Pantai Pelabuhan Ratu

Lokasi Pantai Pelabuhan Ratu berada di Kota Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Wisatawan yang ingin pergi ke pantai bisa melewati beberapa rute, yaitu dari Jakarta, Bandung dan Pangandaran. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum ketika berlibur. Tinggal menaiki bus dari terminal dengan tujuan Jakarta-Bogor, Bandung-Sukabumi, Pangandaran-Palabuhanratu.

Fasilitas jalan menuju pantai sudah mulus dan mudah diakses oleh berbagai jenis kendaraan. Hal ini sangat memudahkan wisatawan dalam mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Bila kesulitan dalam mencari jalan bisa menggunakan GPS untuk memandu sepanjang perjalanan.

Harga Tiket Dan Jam Operasional

Wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu akan dikenakan biaya yaitu sebesar Rp. 2000 sampai Rp. 5000 per orang. Dengan biaya murah ini wisatawan bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini. Pantai cantik ini juga buka 24 jam setiap harinya. Wisatawan bisa puas bermain kapanpun.

Keunikan Pantai Pelabuhan Ratu

Selain berbagai keindahan dan cerita yang melekat, Pantai Pelabuhan Ratu memiliki berbagai keunikan yang bisa dinikmati wisatawan. Keunikan yang bisa menarik wisatawan diantaranya yaitu :

1. Tempat Pengembangbiakan Penyu

Saat ini pemerintah daerah Sukabumi menerapkan undang-undang yang melindungi fauna langka seperti penyu hijau. Pantai Pelabuhan Ratu selain sebagai tempat wisata juga merupakan tempat cagar alam untuk pelestarian penyu hijau. Masyarakat setempat sudah tidak boleh lagi memburu hewan langka tersebut.

2. Tempat Untuk Upacara Adat Pada Hari Nelayan

Setahun sekali masyarakat setempat mengadakan syukuran dengan upacara adat dan doa untuk memperingati hari nelayan. Pantai Pelabuhan Ratu biasa digunakan untuk melakukan upacara tersebut. Biasanya warga memberikan sesajen berupa kepala kerbau yang dilemparkan ke pantai sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Memiliki Pantai Dengan Air Yang Bening

Pantai Pelabuhan Ratu memang memiliki ombak yang tinggi dan deras, namun tidak menyurutkan keindahan alam disana. Warna air yang jernih membuat pantai ini nampak asri dan menyegarkan. Pengunjung tidak habis-habisnya berdatangan ke pantai ini meskipun tidak bisa bermain air.

4. Terdapat Tempat Wisata Lain

Selain pesona yang disuguhkan, Pantai Pelabuhan Ratu memiliki tempat wisata lain seperti Pantai Karang Hawu, Pantai Cimaja, Pantai Citempus dan Pantai Cisolok. Di dalam Pantai Cisolok sendiri memiliki sumber air panas yang bisa digunakan wisatawan untuk merileksasikan diri setelah lelah beraktivitas di pantai.

5. Tempat Olah Raga Surfing Terbaik

Di Pantai ini terdapat 9 titik tempat untuk melakukan olah raga selancar air. Ombak yang besar dan stabil membuat tempat ini menjadi destinasi terbaik di Sukabumi untuk surfing. Adapun tempat yang cocok untuk melakukan berselancar adalah Batu Guram, Karang Sari, Samudra Beach, Cimaja, Karang Haji, Sunset Beach, Ombak Tujuh dan Ujung Geteng. Banyaknya pilihan tempat yang bisa digunakan wisatawan untuk berselancar bisa menambah wisatawan untuk mengunjungi pantai.

Wisatawan yang berkunjung di Pantai Pelabuhan Ratu tidak akan pernah menyesal, karena fasilitas yang lengkap dan pemandangannya indah. Tidak jarang banyak wisatawan lokal maupun internasional mengunjungi kembali pantai ini untuk berlibur. Harga yang murah dan fasilitas yang lengkap membuat pantai ini sangat digemari oleh masyarakat.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …