Ulasan Lengkap Destinasi Wisata Puncak Kosakora

Puncak kosakora, merupakan puncak atau bukit yang terletak persis di sebelah pantai dengan pemandangan lautan yang megah. Terletak  di jajaran pantai yang berada di Gunung Kidul, tepatnya dekat dengan pantai Drini dan disamping persis dari pantai Ngrumput.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Sebelum masuk ke area puncak ini, wisatawan harus membayar tiket retribusi portal pantai baron sebesar Rp. 10.000. untuk dapat mengakses ke area puncak ini, hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 per orang.

Selain itu, wisatawan dikenakan biaya parkir Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua. Bagi wisatawan yang ingin melakukan camping di puncak ini dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Waktu jam buka puncak ini adalah setiap hari selama 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Puncak Kosakora

Puncak ini beralamat di Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja. Dengan jarak 61 Km dari pusat Kota Jogja melalui Jl. Pantai Selatan Jawa, ditempuh waktu sekitar 1 jam 45 menit. Sedangkan dengan jarak 27 Km dari Wonosari melalui Jl. Pantai Selatan Jawa, ditempuh waktu sekitar 44 menit.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, ada tiga rute yang dapat dipilih. Rute pertama dari Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Gading – Wonosari – Jl. Baron – Baron – Kukup – Pantai Drini sampai menuju ke arah puncak ini. Dan rute kedua dari Yogyakarta – Bantul – Parangtritis – Panggang – Saptosari – Baron – Kukup – Pantai Drini sampai menuju ke arah puncak ini.  

Rute terakhir, Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Gading – Siono – Wonosari – Jl. Baron pertigaan mulo ambil arah kiri . Setelah itu menuju Tepus ambil ke arah kanan menuju pantai Indrayanti – Sundak – Krakal – Pantai Drini Sampai menuju arah puncak ini.

Objek Wisata Puncak Kosakora

Selain menikmati keindahan kosakora, wisatawan juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang berada di puncak ini, diantaranya :

1. Pantai Drini

Pantai drini merupakan salah satu pantai cantik yang berada di Gunung Kidul. Untuk dapat menuju ke puncak ini, wisatawan akan melewati pantai drini.

Jadi, wisatawan bisa mampir sejenak untuk mandi atau sekedar beristirahat setelah melewati jalan yang panjang. Waktu yang ditempuh untuk ke pantai drini dari puncak  adalah sekitar 2 menit.

2. Pantai Kukup

Pantai kukup merupakan pantai terindah di deretan Gunung Kidul. Karena, di pantai ini terdapat pulau karang dan kolam-kolam karang alaminya. Waktu yang ditempuh untuk ke pantai kukup dari puncak sekitar 11 menit.

3. Pantai Sepanjang

Panjang sepanjang ini memiliki karakteristik yang mirip dengan pantai kuta bali pada zaman dahulu. Untuk dapat kesini, waktu yang ditempuh untuk ke pantai sepanjang dari puncak sekitar 9 menit.

4. Pantai Ngrumput

Pantai ngrumput merupakan pantai yang terletak di sebelah bukit kosakora. Saat menuju ke puncak, wisatawan akan melewati pantai ngrumput ini. Waktu yang ditempuh ke pantai ngrumput dari puncak sekitar 5 menit.

5. Pantai Watu Bolong

Sama dengan pantai ngrumput, saat menuju arah puncak wisatawan akan melewati pantai watu bolong ini. Pantai watu bolong ini masih terjamin akan kealamian pantainya. Waktu yang ditempuh ke pantai watu bolong dari puncak sekitar 6 menit.

6. Camping Kosakora

Camping Kosakora merupakan salah satu daya tarik di puncak ini bagi anak-anak muda pencinta alam. Hampir setiap akhir pekan, banyak terdapat kumpulan anak muda yang berkemah di bukit ini. Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan camping disini, tidak perlu membawa tenda sendiri karena adanya penyewaan tenda dome dari warga.

Namun, wisatawan tetap harus membawa persiapan berkemah lain. Keuntungan dari camping kosakora adalah dapat menyaksikan sunset sambil menikmati secangkir teh hangat. Selain itu, dapat melihat sensasi matahari terbit keesokan paginya.

Fasilitas Di Bukit Kosakora

Fasilitas di kawasan puncak ini sangat lengkap. Terdapat toilet umum, tidak hanya satu melainkan ada berapa toilet yang tersedia. Selain itu, terdapat mushala yang cukup memadai untuk menunaikan salat berjamaah. Disini juga terdapat area bermain voli pantai.

Selain itu, terdapat beberapa warung makan sederhana untuk mengisi perut. Bagi wisatawan yang tidak ingin berkemah tapi ingin bermalam, disini terdapat penginapan asyfa. Penginapan ini cukup bersih dan nyaman, selain itu juga ditemani dengan suara deburan ombak di malam hari.

Itulah beberapa ulasan tentang destinasi Puncak Kosakora. Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke puncak ini sebaiknya mempersiapkan fisik. Selain pemandangan yang indah, terdapat beberapa objek wisata pantai yang dapat dikunjungi serta fasilitas yang tersedia sangat lengkap.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …