Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata yang bisa dituju mulai dari sabang sampai merauke. Salah satunya adalah wisata alam tebing watu mabur yang terletak di yogya. Tepatnya berada di dusun lehmahbang, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berikut ini kegiatan yang bisa dilakukan di tebing watu mabur.

1. Melakukan Kegiatan Camping Bersama Keluarga

Menghabiskan waktu dengan orang tersayang memang sangat menyenangkan ditambah lagi dengan tempatnya yang nyaman dan sejuk. Para pengunjung dapat membangun kemah atau tenda di tebing watu mabur dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Jika ingin melakukan camping disini, wisatawan hanya membayar Rp 10.000 dengan tiket masuk seharga Rp 2.000. 

Biayanya yang murah membuat wisata ini banyak diminati dan menjadi populer di berbagai kalangan. Hamparan hutan yang berwarna hijau akan membuat rasa lelah dan penat seketika hilang jika mengunjungi wisata ini. Cobalah untuk berkunjung ke wisata ini bersama keluarga atau teman, rasanya pasti akan lebih asyik daripada sendirian.

2. Menikmati Pemandangan Matahari Terbit

Sunrise atau sunset adalah pemandangan yang sering diburu para wisatawan jika berlibur ke pantai, gunung, atau tempat yang tinggi. Nah, di tebing watu mabur ini para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Biasanya sunrise di tebing watu mabur itu dapat dilihat saat pukul 05.30. Sedangkan sunset dapat dilihat pada senja hari dimana matahari akan mulai terbenam.

Pemandangan langit yang berwarna jingga adalah favorit banyak orang karena saat melihat sunrise ataupun sunset seseorang akan merasa tenang dan damai. Wisata ini memang masih dalam tahap pengembangan. Namun jika soal pemandangan ataupun panorama, tebing watu mabur adalah opsi yang tepat untuk memburu sunrise dan sunset. 

3. Menikmati Sensasi Berada Di Atas Awan

Tebing watu mabur diambil dari bahasa jawa yaitu “watu mabur” yang artinya “batu terbang”. Wisata ini pada pagi hari akan diselimuti kabut yang pekat sehingga membuat orang yang berada disana merasakan sedang ada di negeri atas awan. Jika diperhatikan kawasan tebing watu mabur akan terlihat seperti sedang melayang di atas awan. Itulah mengapa diberi nama tebing watu mabur. 

Rute untuk sampai ke tebing watu mabur cukup mudah, hal ini dikarenakan banyaknya papan informasi atau petunjuk yang dapat mengantarkan wisatawan sampai ke tempat tujuan. Para pengunjung dapat mengikuti jalan  Imogiri Timur, melewati kebun buah mangunan, dan mengambil arah kanan ke kebun buah mangunan. Di persimpangan akan ada petunjuk selanjutnya menuju tebing watu mabur.

4. Melihat Pemandangan Sungai Oyo

Daya tarik tebing watu mabur memang banyak salah satunya adalah pengunjung dapat melihat pemandangan sungai oyo dari ketinggian. Sungai oyo merupakan sungai yang berada di wilayah provinsi Jogjakarta. Aliran sungai oyo terbentang sepanjang pegunungan sewu dari timur laut ke barat daya dan bermuara ke sungai opak.

Dari ketinggian di atas tebing, para wisatawan dapat melihat aliran sungai oyo yang besar. Bagaimana? sangat indah bukan? ditambah lagi dengan pemandangan pohon dan pegunungan yang berwarna hijau lalu dilengkapi pula dengan suasana yang sejuk serta asri. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran hingga menjadi fresh kembali.

5. Berfoto Di Spot-Spot Instagramable Dan Keren

Kegiatan mengabadikan momen adalah hal yang lazim dilakukan banyak orang. Terutama bagi pengguna media sosial yang mendapatkan penghasilan dari postingan-postingan keren di Instagram contohnya seperti para selebgram. Selain itu berfoto juga dapat dijadikan media promosi bagi  destinasi wisata yang masih banyak belum diketahui oleh masyarakat. 

Wisata ini juga menyediakan gardu panjang yang sangat cocok dijadikan tempat ber-selfie atau berfoto. Dengan gardu panjang para pengunjung kan lebih leluasa menikmati pemandangan dari atas tebing. Selain gardu panjang, ada beberapa spot foto lainnya yang sangat instagramable yaitu seperti rumah pohon. 

Nah, sekian informasi tentang kegiatan seru yang dapat dilakukan objek wisata tebing watu mabur di Yogyakarta. Wisata ini sebenarnya adalah wisata bumi perkemahan yang letaknya berada di provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Wisatawan yang ingin mengunjungi  tempat  ini harap memperhatikan kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar agar tempat ini terjaga keasriannya. 

Check Also

bukit panguk kadiwung

Lokasi, Biaya Masuk, Dan Objek Wisata Bukit Panguk Kadiwung

Bukit panguk kadiwung merupakan  tempat wisata di Yogyakarta yang baru saja dibuka pada tanggal 16 …