Tempat Rafting Di Jogja Yang Bisa Dikunjungi Di Akhir Pekan

Selain seni dan budaya, Provinsi DIY terkenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Berada di lereng salah satu gunung berapi yang paling aktif di dunia, tak lantas membuat wilayah ini kering kerontang. Justru banyak ditemukan sungai yang cocok dijadikan tempat rafting. Berikut adalah beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif tempat rafting di Jogja :

1. Sungai Elo

Berada di perbatasan Jogja dan Magelang, Sungai Elo adalah tempat rafting di Jogja yang paling cocok untuk pemula. Jarak yang ditempuh adalah sepanjang 12 kilometer, dengan durasi waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam. Pengarungan dilakukan dengan menggunakan perahu karet berkapasitas hingga 6 orang.

Secara administratif, badan sungai yang digunakan untuk kegiatan arung jeram justru berada di wilayah Magelang. Namun karena lokasinya yang dekat dengan Jogja, kebanyakan orang justru datang dari wilayah Jogja.

2. Sungai Progo

Terdapat tiga titik lokasi di Sungai Progo yang bisa dijadikan sebagai tempat arum jeram di Jogja. Pertama adalah di bagian hulu (Sungai Kandangan) yang terletak di Temanggung. Kedua merupakan Sungai Progo Atas yang berada dekat Taman Kyai Langgeng di Magelang. Dan ketika yaitu Sungai Progo Bawah dengan titik mulai di Jembatan Klangon, perbatasan Jawa Tengah dan DIY.

Pada lokasi pertama dan kedua diperuntukkan untuk pemula dan keluarga dengan jarak tempuh lebih kurang 12 kilometer dengan alokasi waktu 2,5 jam. Sementara untuk lokasi ketiga dikhususkan bagi para profesional dengan jarak tempuh 16 kilometer atau sekitar 3,5 sampai dengan 4 jam. Rafting dilakukan dengan perahu karet berkapasitas 6 orang.

3. Goa Pindul

Berbeda dengan lokasi-lokasi sebelumnya, di sini akan diajak untuk menikmati sensasi lain. Di mana rafting akan dilakukan di sungai bawah tanah. Terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Goa Pindul terkenal sebagai salah satu tempat rafting di Jogja. Meski bukan merupakan sungai berarus deras seperti di lokasi lain, namun rafting di sini akan meninggalkan kesan mendalam.

Dengan menggunakan ban pelampung, pengunjung akan diajak menyusuri goa dengan cara yang lain dari biasanya. Mengikuti aliran sungai sepanjang 350 meter, sensasi rafting di aliran sungai di dalam perut bumi bukan pengalaman yang mudah didapat.

4. Goa Tanding

Tak jauh dari Goa Pindul, ada Goa Tanding yang juga menawarkan sensasi serupa, menjelajahi goa dengan rafting di sungai bawah tanah. Bedanya adalah jika di Goa Pindul dilakukan dengan menggunakan ban pelampung, di Goa Tanding dapat menggunakan perahu karet berkapasitas 6 orang. Sensasi rafting seperti di permukaan pun semakin lengkap rasanya.

Tempat rafting di Jogja yang satu ini masih berada satu desa dengan Goa Pindul dan dipercaya memiliki aliran sungai yang sama. Hanya saja, karena masih belum diketahui di mana ujungnya, akses keluar dan masuk ke dalam goa masih dilakukan melalui satu pintu.

5. Dolan Deso Boro

Bertempat di Desa Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo, ada tempat rafting di Jogja yang tak biasa. Bukan hanya khusus menawarkan aktivitas rafting, namun rafting menjadi bagian dari paket wisata.

Berada di kaki Gunung Menoreh, desa yang berada jauh dari kawasan perkotaan, menyuguhkan pemandangan alam pedesaan seperti yang bisa dibayangkan.

Dengan mengusung tema Culture for Nature, pengunjung disuguhi asrinya alam dan kearifan budaya lokal. Di sini, outbound adalah atraksi yang paling diunggulkan. Dan rafting merupakan salah satu aktivitas dalam outbound.

Ada berbagai macam tempat rafting di Jogja yang bisa dikunjungi, mulai dari sungai di permukaan hingga sungai bawah tanah. Terdapat tantangan pada masing-masing medan, tapi yang pasti pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Serta pilih medan yang paling sesuai dengan kondisi diri, jangan memaksakan untuk rafting di lokasi yang berarus terlalu deras jika belum memiliki pengalaman.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …