Tempat Snorkeling di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Lagi-lagi Jogja merupakan tempat yang tidak akan habisnya dengan berbagai keindahan alamnya. Tempat yang terkenal banyak wisatanya ini selalu menyuguhkan pengunjung dengan berbagai objek wisata yang bisa dinikmati. Salah satunya yaitu tempat snorkeling di Jogja. Snorkeling merupakan kegiatan berenang dengan menggunakan beberapa peralatan yaitu masker selam dan snorkel.

Snorkel adalah alat selam berupa selang berbentuk huruf J dilengkapi pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Selain itu, ada juga penyelam yang mengenakan alat bantu gerak kaki katak dengan tujuan agar dapat menambah daya dorong pada kaki. Berikut ini akan dibahas beberapa tempat snorkeling di Jogja yang bisa dikunjungi.

1. Umbul Ponggok

Tempat snorkeling di Jogja yang satu ini sangat unik dan berbeda dengan tempat snorkeling lainnya. Pasalnya air yang berada di tempat ini adalah air tawar. Selain itu, berbagai ekosistem air dapat dilihat dengan menyelam. Adapun beberapa jenis ikan yang ditemui di sana yaitu ikan nila, mujair, lele, dan lain-lain.

Bagi pengunjung yang ingin belajar snorkeling, tempat ini adalah pilihan yang cocok. Kedalaman airnya juga aman bagi pemula dan tidak terdapat arus air seperti di dalam laut. Tempat ini berlokasi di desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk dapat memasuki kawasan ini, pengunjung cukup membayar Rp 5.000/orang saja.

2. Pantai Sadranan

Pantai ini berada di Selatan Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pasalnya ombak di pantai ini cukup besar sehingga setiap pengunjung yang ingin berenang tidak diperbolehkan. Jika memang ingin berenang, para pengunjung hanya diperbolehkan berenang di pesisir pantai yang memiliki kedalaman dangkal.

Namun tak perlu kecewa, di tempat ini ada salah satu spot pantai yang memiliki karakter ombak cukup tenang dan aman untuk snorkeling. Umumnya pantai ini menyimpan keindahan biota laut yang cantik dan menawan. Bagi pengunjung yang penasaran bisa langsung mencoba snorkeling ini dengan menyewa peralatan yang diperlukan.

3. Pantai Nglambor

Pasalnya tempat snorkeling di Jogja yang satu itu masih sangat alami dan bersih. Nglambor atau dikenal dengan akuarium semesta berbentuk teluk kecil yang diapit oleh perbukitan mungil. Karena tempatnya yang tersembunyi membuat pantai ini jarang dikunjungi oleh banyak orang sehingga kealamiannya masih sangat terjaga. Untuk sampai di tempat ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan berjalan kaki.

Dengan perairan yang tidak begitu dalam, membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling. Selain itu, para wisatawan juga dapat dengan jelas melihat ekosistem di bawah air karena memiliki kejernihan yang sangat baik. Tidak heran meskipun berada di tempat yang tersembunyi, tempat ini sering dikunjungi oleh turis asing yang ingin bersnorkeling.

4. Pantai Drini

Berlokasi di desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari Gunung Kidul Jogja. Pasalnya tempat ini sangat ramai dikunjungi banyak orang, namun tetap memiliki perairan yang bersih. Dengan keindahan karang beserta ikan-ikannya membuat para wisatawan senang melakukan snorkeling di tempat ini.

5. Pantai Wediombo

Pantai ini berada di kawasan Selatan Jogja yang memiliki spot snorkeling berjarak tidak jauh dari bibir pantai. Terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul. Jika di tempat lain menawarkan snorkeling di bawah laut, berbeda di tempat ini hanya dapat melihat bawah air sekitar 100 meter dari garis pantai.

Itulah beberapa tempat snorkeling di Jogja yang bisa dikunjungi. Bagi penggemar snorkeling, beberapa tempat di atas bisa dijadikan pilihan. Selain bisa menikmati keindahan bawah laut, tempat snorkeling di atas juga sangat terjangkau.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …