Mengulas Lebih Dalam Tempat Wisata Bersejarah Di Jawa Timur

Dahulu Jawa Timur merupakan pusat kerajaan  Hindu dan Buddha. Banyak sekali tempat wisata bersejarah di Jawa Timur yang bisa kita kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata bersejarah yang ada di Jawa Timur yang wajib anda kunjungi :

1. Candi Singhasari, Malang

Candi Singhasari atau Singosari merupakan candi peninggalan Kerajaan Singhasari yang diciptakan sebagai bentuk penghormatan kepada Raja Kertanegara. Letak Candi ini ada di Singosari, Kabupaten Malang, candi bercorak Hindu ini dibangun pada tahun 1300 M.

Tempat Wisata Bersejarah Di Jawa Timur yang satu ini cukup popular dikalangan wisatawan. Karena tempatnya yang tidak jauh dari Kota Batu dan Kota Malang yang merupakan pusat wisata menambah ketenaran candi yang satu ini. Tiket masuknya hanya Rp 5.000,-/orang. Untuk jam bukanya mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

2. Goa Jepang, Pasuruan

Goa Jepang berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, yang terletak di kaki Gunung Perahu sisi barat, di Dusun Ngelawang, Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Obyek wisata ini merupakan tempat wisata bersejarah di Jawa Timur yang dibangun oleh pribumi dengan sistem kerja paksa atau romusha.

Dulunya goa ini dipergunakan oleh tentara jepang sebagai tempat tinggal, tempat pertahanan, tempat menyimpan cadangan bahan makanan, dan juga menyimpan alat tempur. Tapi sekarang tempat ini beralih fungsi menjadi tempat wisata bersejarah yang menarik. Untuk tiket masuk wisata ini cukup dengan membayar Rp 5.000,-/orang sudah bisa menjelajahi 12 goa jepang dan juga menikmati keindahan alam sekitarnya.

3. Gedung De Javasche Bank, Surabaya

Gedung yang satu ini terletak di Jalan Garuda Nomor 1. Bangunan gedung ini mempunyai banyak cerita mengenai perbankan di Indonesia, gedung yang di bangun pada tahun 1829 ini merupakan gedung Bank Indonesia. Namun karena kapasitas gedung yang tidak memadai, akhirnya semua kegiatan perkantoran Bank Indonesia dipindahkan.

Dan mulai saat itulah gedung ini menjadi salah satu cagar alam milik Bank Indonesia yang berfungsi sebagai museum dan ruangan pameran. Dan jika kalian berkunjung kesana kalian akan tahu bahwa gedung ini sekarang menjadi tempat studio foto yang menarik dan terbuka untuk siapapun.

4. Benteng Van Den Bosch, Ngawi

Tempat wisata bersejarah di Jawa Timur selanjutnya adalah benteng Van den Bosch atau sering disebut benteng pendem. Benteng ini merupakan peninggalan Belanda yang berlokasi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Tempat yang bersejarah yang satu ini dibangun sekitar abad ke-19, yang pada saat itu Ngawi adalah pusat perdagangan dan pelayaran di Jawa Timur.

Banyak yang bilang benteng ini termasuk benteng yang angker dan menakutkan, mungkin karena peninggalan Belanda dan tempatnya yang kurang terawat. Selain itu, benteng yang terkenal dengan sebutan benteng pendem ini adalah salah satu ikon wisata dari Ngawi. Buat kalian yang bosan dengan suasana keramaian kalian bisa coba berkunjung ke wisata yang satu ini.

5. Monumen Jenderal Sudirman, Surabaya

Monumen ini merupakan salah satu tempat wisata bersejarah di Jawa Timur  yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Surabaya. Obyek wisata ini cocok banget dikunjungi karena banyak sekali cerita di balik monument Jenderal Sudirman tersebut. 

Kalian bisa kesana kapan saja, karena letaknya di tengah taman kota menjadikan monument ini lebih bebas dikunjungi kapan saja.

Bagi yang ini berwisata sambil belajar, tempat-tempat diatas cocok sebagai pilihan wisata anda. Tak perlu jauh-jauh berwisata ke luar negeri. Di Jawa Timur saja banyak tempat wisata yang seru dan mengedukasi.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …