Tempat Wisata Di Indonesia Yang Terkenal Kaya Akan Nuansa Kebudayaan

Sebagai negara yang tersusun atas banyak pulau dan banyak suku bangsa, membuat Indonesia dikaruniai kekayaan budaya yang melimpah. Keanekaragaman budaya tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang istimewa di setiap daerahnya.  Beberapa diantaranya tercermin dalam tempat wisata di Indonesia yang terkenal.

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal akan kekayaan budaya tersebut tetap menjadi destinasi favorit. Meskipun banyak bermunculan objek wisata baru, namun kunjungan ke tempat wisata budaya Indonesia tidak mengalami penurunan. Selain dari aspek keindahan tempat wisata budaya juga kaya akan pesan edukasi. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Candi Borobudur

Sebagai ikon dari kebudayaan dan wisata religi agama Buddha terbesar di Indonesia. Candi yang berada di wilayah kota Magelang, Jawa Tengah ini memiliki arsitektur yang megah. Merupakan salah satu objek wisata yang menyandang predikat warisan budaya dari Unesco.

Kemegahan dari bangunan candi ini, menggambarkan betapa perkembangan kebudayaan Buddha di Indonesia pernah mengalami masa kejayaan. Meskipun telah dibangun dalam waktu berabad-abad lamanya bangunan ini masih kokoh berdiri hingga saat ini.

2. Pura Tanah Lot

Tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan kebudayaan yang kental berikutnya ada di Pulau dewata Bali. Pura Tanah Lot berada di sebuah pantai yang berdiri diatas batu karang besar. Pura ini sebagai simbol kebudayaan agama Hindu yang mendominasi tanah Bali.

Tempat ibadah sekaligus tempat wisata ini menjadi objek favorit di Bali. Keindahan matahari tenggelam yang disuguhkan luar biasa menakjubkan. Dan di Pura ini setiap 210 hari terdapat pagelaran budaya agama Hindu. Untuk menuju ke pura ini tidak bisa sembarangan waktu, karena saat air sedang pasang tidak ada jalan yang menghubungkan pantai dengan pura.

3. Tana Toraja

Kehidupan Tana Toraja masih menjadi daya tarik tak tertandingi dan mengundang  rasa penasaran yang besar. Tradisi yang masih terjaga kuat di suku pedalaman Toraja menjadi objek wisata penting tanah air.

Dalam keseharian kehidupan Tana Toraja, bangunan khas dan tradisi mereka menjadikan Tana Toraja sebagai tempat wisata di Indonesia yang terkenal. Upacara manene dan rambu solo menjadi daya tarik para wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Merupakan taman wisata budaya terbesar di Indonesia yang berada di Jakarta timur. Dalam Taman Mini Indonesia Indah ini menyimpan semua kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke. Merupakan taman edukasi terbaik untuk pemahaman kekayaan budaya Nasional.

Menyimpan seluruh budaya dari setiap provinsi di Indonesia. mulai dibangun pada tahun 1972 dan berhasil selesai serta diresmikan pada tahun 1975. Sebagai taman wisata budaya terbesar, TMII adalah miniatur Indonesia dalam menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika.

5. Keraton Yogyakarta

Sebuah keraton di daerah Istimewa Yogyakarta. Cerminan kebudayaan Jawa yang kental dan lekat.  Bangunan dengan arsitektur khas dan penuh makna. Semua bangunan yang ada terdapat makna dan pesan moral yang patut untuk dicontoh. Keraton Yogyakarta menyimpan banyak nilai histori dan kebudayaan yang dibangun atas arsitektur Sri Sultan Hamengkubuono I.

Dibangun diatas tanah seluas 14.000 meter². Bangunan utama yang gagah dan megah dapat dikunjungi setiap hari dari jam 09.00-14.00. jika hari jumat jam kunjung keraton sampai dengan jam 11.00 saja. Dengan tiket masuknya Rp. 7.000 ilmu kebudayaan Jawa dapat dipelajari secara langsung dari sumber terpercaya.

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal akan kekayaan nilai budaya yang ada didalamnya. Mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut akan memberikan pengalaman dan pengetahuan berharga.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …