Tempat Wisata Di Lumajang Yang Masih Asri

Lumajang yang terletak di bagian timur Provinsi Jawa Timur ini terkenal dengan kawasan wisata yang dikelilingi pegunungan. Dimana ada gunung biasanya dilengkapi dengan keberadaan wisata air terjun. Walaupun terdapat banyak wisata pegunungan dan air terjun, di Lumajang juga terdapat pantai yang indah dan masih asri. Bisa dikatakan Lumajang termasuk salah satu surganya wisata alam. Berikut tempat wisata di Lumajang yang bernuansa keindahan alam :

1. Surganya Air Terjun, Coban Sewu

Surganya air terjun ada di Coban Sewu yang terletak di Kecamatan Pronojiwo, Tumpak Sewu Lumajang. Disebut Coban Sewu karena di sana terdapat banyak gugusan air terjun yang mirip seperti tirai. Nikmatnya sensasi kesejukan angin dan desir suara air terjun membuat siapa saja betah berlama-lama berada di sana. Jika sedang beruntung maka pengunjung dapat melihat penampakan pelangi di antara deretan air terjun.

2. Keindahan Coban Pawon

Disebut Coban Pawon karena air terjunnya berada di tengah-tengah goa yang mirip seperti pawon atau tempat memasak jaman dulu. Lokasi Coban Pawon berada di Desa Wangkit Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Keindahan Coban Pawon dilengkapi dengan cahanya matahari yang masuk melalui lubang goa. Keunikan Coban Pawon yang masih jarang ditemui di tempat lain ini wajib untuk dieksplor.

3. Goa Bima Yang Masih Jarang Dikunjungi

Tempat wisata di Lumajang yang satu ini masih tergolong jarang dikunjungi. Goa Bima terletak di Desa Kajaran Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Banyak dipercaya bahwa Goa Bima adalah gerbang penghubung ke pantai laut selatan. Bila mengunjungi Goa Bima juga dapat mengunjungi beberapa pantai yang lokasinya berdekatan seperti Pantai Bambang dan Pantai Dampar.

4. Hamparan Pemandangan Kebun Teh Kertowono

Bosan dengan hiruk pikuk kota ? Tidak ada salahnya mendinginkan mata dengan melihat hamparan kebun teh yang luas nan hijau di Kertowono Lumajang. Jika berkunjung ke sana akan didapatkan sensasi kesejukan hawa pegunungan. Serta dapat berjalan-jalan mengelilingi kebun teh sambil belajar memilih dan memetik teh. Hal yang menarik lainnya adalah terdapat air terjun dengan ketinggian 12 meter di tengah rimbunan pohon yang ada di sana.

5. Hamparan Pasir Hitam Pantai Bambang

Lumajang juga punya pantai salah satunya Pantai Bambang dengan hamparan pasir hitamnya. Lokasi dari pantai ini adalah Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Warna pasir di pantai ini hitam dikarenakan aliran lava dari Gunung Bromo. Keunikan di pantai ini adalah pasir hitamnya dapat menampung air hujan, sehingga terdapat air tawar. Namun, ombak di Pantai Bambang cukup tinggi yaitu 3 meter.

6. Danau Segitiga

Danau segitiga ini terdiri dari Ranu Klakah, Ranu Bedali, dan Ranu Pakis. Disebut segitiga karena letak ketiga ranu atau danau tadi jika dilihat dalam peta dan ditarik garis akan membentuk segitiga. Lokasinya terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Klakah dan Ranuyasa Kabupaten Lumajang. Kondisi alamnya masih asri dengan sensasi suasana pegunungan yang sejuk wajib untuk dikunjungi.

7. Menikmati Negeri Di Atas Awan Puncak B-29

Siapa yang tidak kenal tempat wisata di Lumajang yang satu ini? Puncak B-28 sudah mulai menjadi hits sejak tahun 2015 terletak di Desa Argosari Senduro, Kecamatan Sendura, Lumajang. Bagi yang gemar dengan wisata pegunungan atau yang sedang belajar mendaki. Tempat ini sangat cocok dijadikan ajang pemanasan. Puncaknya tidak terlalu tinggi sesuai dengan namanya B-29 yang artinya 2.900 meter di atas permukaan air laut. Keindahannya seolah berada di negeri atas awan.

Itu tadi tempat wisata di Lumajang yang wajib untuk dikunjungi. Masing-masing menawarkan keunikan dan keindahan alamnya. Jangan lupa tetap jaga kebersihan agar keasrian tempat-tempat tersebut selalu terjaga.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …