Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Hits Dan Ramai Dikunjungi

Pekanbaru adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Provinsi Riau. Selain terkenal sebagai sentra ekonomi terbesar di Sumatra bagian timur, Kota Pekanbaru juga memiliki berbagai destinasi wisata yang hits dan menarik untuk dikunjungi. Berbagai macam jenis wisata ada di kota ini, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah dan budaya. Berikut beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang hits dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan :

1. Rainbow Hills Rumbai

Rainbow Hills Rumbai merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang bertema alam. Tempat wisata ini terletak pada jarak sekitar 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Rainbow Hills Rumbai termasuk tempat wisata yang masih baru, hits, dan sangat keren di Pekanbaru.

Rainbow Hills Rumbai dikenalkan pertama kali oleh blogger terkenal yang bernama Marischka Prudence. Diberikan nama “rainbow” karena bukit ini memiliki perpaduan warna yang unik mirip dengan pelangi yang berwarna-warni. Selain itu, warna dan kontur dari tanah Rainbow Hills juga bisa berubah-ubah setiap waktu.

2. Danau Lembah Sari

Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini merupakan tempat wisata alam danau buatan yang berada di tengah kota. Meskipun buatan, suasana di sekitar danau ini tak kalah menariknya dengan danau alami.  Tempat wisata ini cocok dipilih bagi wisatawan yang penat dengan keadaan perkotaan dan ingin bersantai sejenak.

Danau Lembah Sari memiliki suasana yang tenang, luas, dan sangat hijau. Oleh sebab itulah, banyak sekali wisatawan yang tertarik dan berkunjung ke tempat ini. Selain itu, banyak warung-warung di sekitar danau yang menjual berbagai macam kuliner khas Pekanbaru.

3. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang menjadi favorit dan ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata ini mengusung tema alam terbuka dengan berbagai macam kegiatan outdoor yang asyik untuk dilakukan.

Di tempat ini, wisatawan bisa mencoba wahana banana boat dan melakukan kegiatan memancing. Bahkan, ikan hasil pancingan wisatawan bisa dibawa pulang ke rumah. Selain itu, tempat ini juga bagus digunakan sebagai tempat berfoto ria karena terdapat banyak background menarik yang berada di area taman.

4. Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura adalah salah satu rekam jejak kebudayaan Melayu di tanah Indonesia. Bangunan istana ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Siak yang menurut sejarahnya merupakan salah satu kesultanan kuat di Semenanjung Malaya.

Tempat wisata ini memiliki gaya arsitektur yang sangat indah. Para wisatawan yang berkunjung ke dalam istana ini bisa menemukan salah satu alat musik tradisional peninggalan Kesultanan Siak yang bernama komet. Menurut kabarnya, alat musik tradisional ini hanya ada dua saja di dunia.

5. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus memiliki jarak yang cukup jauh dari Pekanbaru. Tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini memiliki bangunan bata terbesar di Sumatra. Candi ini dibangun di tepi Sungai Kampar Kanan dengan dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 m dan benteng lain yang berukuran 1,5 x 1,5 km.

Candi ini merupakan situs candi Buddha yang merupakan peninggalan sejarah dalam bentuk candi satu-satunya di Riau, juga situs tertua di Sumatera.Di dalam kompleks Candi Muara Takus ini ditemukan bangunan candi yaitu Candi Sulung, Candi Bungsu, Mahligai Stupa, dan Palangka.

6. Masjid An-Nur

Masjid Agung An-Nur merupakan tempat wisata di Pekanbaru terakhir yang sangat hits dan ramai dikunjungi wisatawan. Bangunan Masjid ini juga biasa disebut dengan Taj Mahalnya Riau yang memiliki keindahan memukau seperti Taj Mahal di India.

Masjid Agung An-Nur telah berdiri sejak tahun 1968 dengan desain tampak depan yang hampir mirip dengan Taj Mahal India. Di depan halaman masjid terdapat area kolam yang cukup luas dan indah. Wisatawan yang sedang berkunjung ke Pekanbaru jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang hits dan cukup ramai dikunjungi wisatawan. Jika berkunjung ke Pekanbaru, jangan lewatkan momen dan kesempatan Anda untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang menarik diatas.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …