7 Tempat Wisata di Purwokerto Cocok Untuk Refreshing

Purwokerto merupakan salah satu kota dengan pemandangan terindah di Jawa. Kondisi geografisnya sejuk, hijau, dan masih dipenuhi pegunungan. Tempat wisata di Purwokerto juga mulai berkembang pesat. Tak heran banyak orang rela menghabiskan waktu liburannya dengan berkunjung ke kota satu ini. Selain kondisinya yang belum banyak terpapar polusi, Purwokerto juga menyediakan banyak destinasi yang cocok untuk refreshing. Apa saja destinasi tersebut? Berikut ini tujuh referensi terbaiknya.

1. Pendakian Gunung Slamet

Pendakian gunung Slamet adalah tempat wisata di Purwokerto terpopuler. Siapapun yang mendengar nama gunung Slamet, pasti tahu bagaimana indahnya wisata pendakian di tempat ini. Selain suasana sekeliling yang dipenuhi hutan, kawasan pendakian gunung Slamet juga masih jarang dijamah manusia.

Tidak seperti kawasan gunung lain di Jawa, wisata pendakian gunung Slamet memang eksklusif. Meski di dalam kawasan banyak tersedia tempat wisata lain, jalur pendakian letaknya jauh dari keramaian. Buat Anda yang ingin merefresh otak dengan melakukan hiking, Anda bisa memilih tempat wisata ini.

2. Kebun Raya Baturraden

Obyek wisata Kebun Raya Baturraden terletak di kawasan wisata gunung Slamet. Kebun ini memiliki tatanan yang benar-benar epik. Hutan pinus nan hijau dan subur mengelilingi kebun ini. Sementara itu, bunga-bunga beraneka ragam tertata rapi di dalam kawasan kebun.

Selain pinus dan bunga, kebun raya Baturraden juga memiliki banyak spot yang bagus untuk berfoto. Obyek wisata iniĀ  cocok dikunjungi bersama pasangan atau keluarga.

3. Telaga Sunyi

Butuh suasana tenang nan menyegarkan setelah menghabiskan waktu untuk bekerja? Anda bisa mengunjungi Telaga Sunyi, salah satu tempat wisata di Purwokerto yang bernuansa air. Kebersihan dan kesejukan tempat dijamin di sini. Pasalnya, Telaga Sunyi terbentuk dari aliran mata air murni gunung Slamet.

Selain itu, letaknya juga di tengah-tengah hutan. Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk orang-orang berkepribadian introvert dan yang tak menyukai keramaian.

4. Curug Cipendok

Tempat wisata satu ini punya pemandangan yang sangat eksotis. Keindahan pemandangannya dibentuk oleh air terjun tinggi, aliran sungai nan bersih, serta hutan lebat.

Curug Cipendok merupakan air terjun yang mengalir dari atas tebing kapur setinggi puluhan meter. Tebing-tebing di sini dikelilingi hutan. Bagi penyuka fotografi, tempat wisata di Purwokerto satu ini akan menyediakan banyak potret alam yang indah.

5. Wisata Bendungan Gerak Serayu

Saat melihat fotonya saja, Anda tidak akan percaya bendungan Gerak Serayu ada di Indonesia. Bendungan satu ini memiliki pemandangan yang benar-benar asri. Padahal biasanya, kawasan bendungan cenderung memiliki hawa yang panas. Banyaknya hutan serta ketatnya penjagaan kebersihan menjadi alasan utama bendungan Gerak Serayu bisa tetap sejuk. Selain dari pemandangannya, bendungan ini juga terkenal karena sering dijadikan tempat festival kapal.

6. Bukit Watu Meja

Ingin tahu pemandangan Purwokerto dari atas? Bukit Watu Meja bisa memenuhi keinginan Anda. Tempat wisata ini terletak di atas bukit. Jadi sebelum tiba, Anda perlu terlebih dahulu mendaki selama 20 menit. Tapi tenang saja, jalur pendakian sudah dibangun sedemikian rupa sehingga nyaman untuk pengunjung.

Dari atas, Anda bisa menikmati pemandangan banyak tempat wisata. Mulai dari wisata kebun raya hingga bendungan Gerak Serayu. Dengan mengunjungi Bukit Watu Meja, Anda bisa menikmati keindahan tempat-tempat wisata di Purwokerto tanpa harus mengunjunginya.

7. Small World Purwokerto

Ini dia primadona tempat wisata di Purwokerto. Small World Purwokerto menyajikan keindahan berbagai belahan dunia dalam satu kawasan saja. Mulai dari keindahan bangunan-bangunan bersejarah dunia hingga tumbuhan-tumbuhan khasnya.

Meski hanya replika, suasananya dibuat semirip mungkin dengan negara aslinya. Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk berlibur. Cukup datang ke Small World dan menikmati panoramanya.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …