Wisata Gedong Songo : Harga Tiket, Rute Perjalanan, Objek Wisata

Kini, kota Semarang memiliki objek wisata baru yakni wisata Gedong Songo tepatnya di kawasan Bendungan. Disini, pengunjung tidak akan merasa kepanasan karena wisata ini terletak di daerah pegunungan pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dengan suhu bekisar 19 – 27°C membuat udara di tempat tersebut dingin dan segar.

Sesuai namanya, gedong Songo adalah sebuah komplek yang memiliki sembilan bangunan candi peninggalan Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9. Candi ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles pada tahun 1804 di lereng Gunung Ungaran. Disini memiliki keindahan yang memukau dengan spot menarik  serta berbagai objek wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Gedong Songo

Wisata gedong songo dibuka pada pukul 06.00 dan tutup pada jam 17.00 WIB. Dengan harga tiket untuk wisatawan lokal sebesar Rp 6.000,- khusus Senin – Jumat dan Rp 7.500,- di hari weekend dan libur nasional. Harga tiket untuk wisatawan asing yakni sebesar Rp 35.000,-. Cukup murah bukan?

Rute Menuju Wisata Gedong Songo

Candi ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk pergi ketempat wisata ini, dari objek wisata Bandungan jarak tempuh sekitar 10 menit perjalanan. Beberapa daftar tempuh perjalanan ke candi ini, yakni :

  • Dari Kota Ambarawa perjalanan ditempuh sekitar 40 menit dengan jalan yang mendaki serta kemiringannya mencapai 40 derajat atau sangat tajam. Jarak tempuh dari Ambarawa ke Gedong Songo sekitar 15 kilometer.
  • Dari Kota Semarang jarak tempuh ke Gedong Songo sekitar 45 kilometer.
  • Dari Ungaran jarak tempuh ke Gedong Songo sekitar 25 kilometer.

Perjalanan ke lokasi ini bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua dan mobil serta kendaraan besar seperti bis kota. Selain itu, terdapat jasa ojek yang mengantarkan hingga ke pintu masuk kawasan wisata. Saat kembali juga ada tukang ojek yang berada di depan loket masuk untuk mengantarkan wisatawan turun kembali.

Objek Wisata Gedong Songo

Gedong Songo yang tersebar di daerah lereng Gunung Ungaran ini memiliki panorama alam yang indah. Dengan udara yang sejuk serta spot background pegunungan dan langit yang bewarna biru membuat tempat ini banyak dikunjugi wisatawan. Berbagai objek wisata lainnya dapat ditemukan di Gedong Songo ini, diantaranya :

  • Trekking dari Candi Gedong 1 sampai Gedong 5. Wisatawan dapat melihat serta menelusuri Candi Gedong 1 Sampai Gedong 5. Pengunjung hanya diperbolehkan menyelusuri sampai candi ke 5 saja. Trekking sambil menikmati cantiknya panorama hamparan hutan pinus yang hijau serta tertata rapi. Harga masuk sampai ke candi Gedong dua sebesar Rp. 30.000,- serta paket candi Songo sejumlah Rp 50.000,-.
  • Pemandian air panas belerang. Wisatawan dapat menikmati hangatnya mandi dan berendam di pemandian air panas dari mata air langsung yang mengandung belerang. Pemandian air panas ini dipercaya secara medis dapat mengobati penyakit kulit. Harga tiket untuk memasuki pemandian air panas ini adalah sebesar Rp 40.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp 60.000,- untuk wisatawan asing.
  • Area perkemahan (camping ground). Ada hal gembira bagi para pecinta outdoor yakni di sekitar area wisata terdapat area untuk berkemah. Dengan hamparan hutan pinus, pegunungan yang asri serta kesejukan udara membuat camping lebih terasa mengasyikkan.
  • Wisata berkuda. Walau berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, disini terdapat wisata berkuda. Pengunjung dapat menunggangi kuda ditengah-tengah pemandangan yang indah mengitari candi pertama ke candi lainnya.

Mengunjungi wisata Gedong Songo selain menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan hamparan hutan pinus juga dapat belajar sejarah budayanya. Setiap perjalanan juga terdapat kios-kios makanan sehingga pengunjung tidak perlu repot membawa makanan saat trekking.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …