Wisata Keraton Yogyakarta, Destinasi Wisata Sejarah Yang Populer

Walaupun telah banyak bermunculan berbagai tempat wisata yang hits di Yogyakarta, obyek wisata keraton Yogyakarta tetap tak dapat tergantikan dan terkalahkan. Destinasi wisata yang sangat kental akan sejarahnya ini sesuai bagi Anda yang ingin berwisata sambil mempelajari budaya Jawa. Popularitas dari keraton Yogyakarta terbukti dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, mulai dari wisatawan dalam negeri hingga wisatawan mancanegara turut berkunjung ke keraton ini. Penasaran apa saja obyek-obyek yang kaya akan sejarah dan terdapat di tempat wisata keraton Yogyakarta? Simak uraian berikut.

Alun-Alun Lor

Di wisata keraton Yogyakarta terdapat Alun-alun Lor yang akan Anda jumpai setelah melewati gapura besar keraton Yogyakarta. Pada zaman dahulu, lapangan rumput yang luas ini difungsikan sebagai tempat penyerahan jadwal jaga para prajurit kerajaan. Akan tetapi sekarang fungsinya hanya sebagai halaman biasa. Anda juga dapat mengambil foto di Alun-alun lor ini. karena setiap sudut keraton yang khas akan budaya dapat menjadi spot-spot yang instagramable sekali. Menarik bukan?

Masjid Gedhe Kauman

Apabila Anda masuk ke dalam wisata keraton Yogyakarta dan melewati alun-alun lor, di sebelah baratnya terdapat sebuah Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta yang diberi nama Masjid Gedhe Kauman. Masjid ini dibangun pada tahun 1733 dengan desain yang sangat kaya akan unsur tradisional Jawa dibandingkan dengan kebanyakan masjid pada umumnya yang memakai nuansa Arab. Di masjid inilah biasanya Sultan Hamengkubuwono I melakukan ritual ibadahnya. Hingga sekarang masjid ini difungsikan sebagai tempat berlangsungnya upacara tradisional, seperti Grebeg dan Saketan.

Siti Hinggil Lor

Mungkin Anda masih banyak yang belum mengetahui tempat ini. Ya, salah satu obyek yang berada di Keraton Yogyakarta ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya upacara-upacara penting keluarga keraton Yogyakarta. Biasanya tempat ini digunakan untuk kegiatan pernikahan agung atau upacara kenaikan pangkat. Siti Hinggil Lor ini memiliki 5 bagian, yaitu Bangsal Manguntur Tangkil, Bangsal Witono, Bangsal Tarub Agung, Bangsal Pacikeren, dan Bangsal Kori. Semua bagian tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

Kedhaton

Pada wisata keraton Yogyakarta, terdapat sebuah tempat yang diberi nama Kedhaton. Tempat ini difungsikan sebagai tempat tinggal keluarga keraton Yogyakarta. Sultan tinggal di bagian kompleks yang bernama Keraton Kilen dan kantornya berada di bagian Gedhog Jane. Untuk tempat ibadah, biasanya sultan jarang sekali di Masjid Gedhe Kauman, karena sekarang sudah ada masjid khusus Sultan dan keluarganya di Kompleks Penapen. Untuk putri Sultan, mereka menempati bagian Keputren. Sedangkan untuk putranya menempati tempat yang bernama Kesatriyan. Apabila keluarga keraton mengadakan pertemuan keluarga, biasanya tempat yang digunakan ada di Bangsal Kencono yang terletak di pelataran Kedhaton ini.

Sri Manganti

Anda menyukai kesenian Jawa? Atau gemar akan musik tradisional Jawa? Apabila sedang berkunjung ke keraton Yogyakarta janganlah lupa mampir ke Sri Manganti. Sri Manganti ini merupakan sebuah obyek wisata di Keraton Yogyakarta yang berfungsi untuk menyimpan koleksi gamelan istana. Dahulu tempat ini difungsikan sebagai tempat untuk menerima tamu agung Sultan, namun sekarang digunakan untuk ruang gamelan keraton. Selain itu, Sri Manganti juga biasanya difungsikan sebagai ruang pameran wisata Keraton. Selain dapat belajar mengenai budaya Jawa, Anda juga bisa menikmati musik tradisional yang kental dengan adat Jawa.

Ingin berwisata sambil belajar sejarah? Tentu saja wisata keraton Yogyakarta dapat Anda jadikan sebagai alternatif yang sangat wajib untuk dicoba. “Jas Merah” Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah. Dengan berkunjung di Keraton Yogyakarta, anda dapat mengetahui peristiwa-peristiwa nusantara apa saja yang berkaitan dengan keraton ini.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …