5 Objek Wisata Lombok Untuk Anak Dan Keluarga

Berwisata bersama anak saat musim liburan sekolah pasti sangat menyenangkan, apalagi ke tujuan wisata semenarik Lombok. Tapi tentu harus mencari tempat wisata yang ramah anak dan dipastikan aman membawa anak ke sana. Lombok dikenal sebagai primadona baru di bidang pariwisata Indonesia, perlu diketahui bahwa banyak referensi tujuan wisata Lombok untuk anak :

1. Desa Sade

Lombok memeiliki destinasi wisata berupa desa wisata, yang merupakan desa yang dihuni oleh suku asli Lombok “suku Sasak”. Desa Sade ini memiliki banyak keunikan yang menjadi daya tariknya yaitu tentang adat dan budayanya yang masih kental hingga saat ini. Budaya yang dianut dan diamalkan sehari-hari adalah budaya suku Sasak.

Desa ini memiliki penduduk yang ramah serta memegang teguh budaya sasak, memang sangat cocok sebagai tujuan wisata Lombok untuk anak. Di sana bisa mengajarkan anak tentang budaya dan ada istiadat suku Sasak sebagai penduduk asli Lombok. Anak akan paham tentang kearifan lokal yang pantas dicontoh untuk kehidupan sehari-hari.

2. Konservasi Penyu Gili Trawangan

Konservasi penyu ini terletak di lokasi Gili Trawangan Lombok. Obyek wisata konservasi penyu ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak karena bisa mengajarkan banyak hal. Jadi selain melihat keindahan alam dan ekosistem penyu anak juga mendapatkan unsur edukasi.

Anak akan diajarkan mencintai binatang khususnya penyu, anak juga bisa melihat penyu dari dekat sehingga paham bentuk dai hewan penyu. Selain itu anak juga akan belajar tentang perkembangbiakan penyu, mulai dari telur hingga menetas dan dilepaskan kembali ke laut lepas. Penangkaran ini dibuat oleh masyarakat lokal Gili Trawangan dengan tujuan mulia yaitu melestarikan penyu.

3. Hutan Pusuk

Hutan ini berada tidak jauh dari kota Mataram, hanya sekitar 15 km saja. Di kawasan ini terdapat satwa monyet liar yang sangat lucu, akan sangat cocok dijadikan wisata Lombok untuk anak. Mengajak anak-anak ke sini pasti sangat menyenangkan, bisa membuat anak semakin dekat dengan makhluk hidup lain yaitu hewan.

Di hutan Pusuk aktivitas yang bisa dilakukan adalah memberi makan monyet secara langsung. Juga bisa hanya sekedar menikmati keindahan pemandangan alam di sana yang masih asri dan alami.

4. Taman Mayura

Taman Mayura berlokasi di jalan Purbasari, Mayura, Kota Mataram. Berkunjung ke taman ini akan mengajarkan anak tentang sejarah peradaban Lombok di masa lalu. Nama Mayura berasal dari bahasa sansekerta yang berarti burung merak, burung yang membantu mengusir ular yang mengganggu.

Taman ini kini menjadi lokasi wisata Lombok untuk anak khususnya di bidang sejarah dan budaya. Selain menjadi wisata edukasi, kesan alami juga masih ada di kawasan taman ini. Sehingga anak-anak pasti akan betah berlama-lama menikmati wisata di taman Mayura ini.

5. Taman Narmada

Taman yang berlokasi di desa Lembuak, Lombok Barat, Lombok Indonesia. Narmada adalah nama yang dipilih dari nama anak sungai Gangga India. Taman Narmada memang salah satu peninggalan sejarah agama Hindu di Nusantara yang terletak di Lombok. Kini dijadikan lokasi wisata edukasi dan wisata sejarah yang sangat terkenal dan cocok untuk wisata anak.

Taman ini berada di area seluas sekitar 2 hektar, merupakan maha karya arsitek kerajaan Karang Asem Bali. Maksud dari pembangunannya adalah merupakan replica gunung Rinjani dan kawah segara anakan, dibangun sekitar 1727. Di sini terdapat kolam, permainan bebek-bebekan air yang bisa dinaiki bersama keluarga, serta wahana menarik seperti flying fox.

Demikian referensi tujuan wisata Lombok untuk anak, yang sangat cocok untuk melakukan liburan keluarga lengkap bersama putra-putri. Pergi ke obyek-obyek wisata di atas akan  membuat anak senang, gembira dan banyak mendapatkan pengalaman-pengalaman baru. Dengan begitu liburan bersama keluarga jadi lebih berkesan dan tidak terlupakan bagi anak.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …