Tempat Wisata Museum di jogja Yang Menarik Dan Ramai Dikunjungi

Jogja terkenal dengan keunikan budayanya dan destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Ada pantai dengan pemandangan yang menakjubkan dan ada pula pasar tradisional yang menyediakan produk cinderamata yang unik. Candi yang ada di jogja juga tak luput dari perhatian wisatawan. Selain itu wisata museum di Jogja juga tak kalah ramai dikunjungi.

Museum apa saja yang sering menjadi daftar teratas untuk dikunjungi wisatawan? Berikut akan diulas wisata museum di Jogja yang menarik dan ramai dikunjungi.

1. Museum Batik Yogyakarta

Batik merupakan salah satu produk lokal yang menjadi unggulan dan patut dibanggakan. Motif dan ciri khas batik di Jogja sangat populer. Beberapa koleksi batik tersebut terdapat pada Museum Batik Yogyakarta. Museum ini dimiliki oleh Hadi Nugroho dan R. Ng. Jumima Dewi Sukaningsih.

Terdapat 1200 koleksi batik akan ditemui ketika berkunjung di museum ini. Selain terdapat beragam jenis motif batik, disini pengunjung dapat belajar dan mengikuti pelatihan membuat batik dengan kreasi sendiri.

2. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Jogja kembali berupa bangunan berbentuk kerucut yang menjadi keunikan yang dimiliki. Wisatawan akan menemukan berbagai macam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Selain keunikan dari museum ini, wisatawan akan mendapatkan informasi dan pengetahuan sejarah yang sangat informatif dan beredukasi.

Banyak wisatawan yang berdatangan apalagi ketika hari libur. Museum ini sangat mudah dijangkau pengunjung. Cukup menggunakan kendaraan umum atau pribadi, pengunjung sudah dapat menemukan museum  ini. selain itu, harga tiket masuk juga tak akan membuat tipis dompet pengunjung yang datang.

3. De Mata Trick Eye 3D Museum

Salah satu wisata museum di jogja yang sering dikunjungi wisatawan adalah De Mata Trick Eye 3D Museum. Sesuai dengan namanya museum ini merupakan salah satu museum tiga dimensi yang ada di Indonesia. Museum ini memiliki berbagai koleksi yang menarik untuk difoto antara lain tokoh, super hero, binatang dan masih lainnya.

Pengunjung di De Mata Trick Eye 3D Museum dapat berfoto dengan berlatarkan koleksi tiga dimensi yang ada di museum. Walaupun museum ini tergolong masih baru, pengunjung yang ada tak pernah sepi. Kabarnya museum ini merupakan salah satu museum tiga dimensi terbesar di dunia. Sangat menarik bukan?

4. Museum Gunung Merapi

Disini akan tersedia berbagai macam informasi mengenai informatif yang sangat menarik. Selain informasinya yang menarik, bangunan museum ini sangatlah unik. Dengan bentuk trapesium dan sisi ujungnya berbentuk kerucut setigitiga menambah keunikan museum ini.

Koleksi di museum ini tak kalah unik. Banyak koleksi 3D yang menyerupai gunung merapi dan informasi tambahan yang sangat menarik. Istimewa dari museum gunung merapi ini ketika cuaca cerah, pengunjung dapat menyaksikan secara langsung gunung merapi dengan latar museum.

5. Museum Ullen Sentalu

Budaya dan kehidupan menarik dari putri keraton Jogja kental dengan Museum Ullen Sentalu. Disini pengunjung dapat melihat beragam koleksi batik yang unik. Selain itu, pengunjung dapat ikut berpartisipasi membuat batik secara langsung.

Koleksi yang ada di Museum Ullen Sentalu tersimpan di rumah-rumah kecil dengan hiasan batu yang sangat unik. Jalanan untuk menyisir lokasi pun berbentuk labirin. Tak heran pengunjung yang datang tak pernah sepi. Ada beberapa spot yang menarik juga untuk diabadikan dalam gambar.

Demikian informasi mengenai wisata museum di Jogja yang menarik dan ramai dikunjungi. Berwisata ke Museum apalagi bersama si kecil tentunya merupakan pilihan tepat karena dapat menjadi sarana edukasi.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …