10 Pilihan Wisata Sejarah Di Jogja Favorit Pengunjung

Pesona Kota Jogja memang tidak akan luntur oleh waktu. Selain sebagai Kota Pelajar, kota ini juga memiliki banyak pesona lain salah satunya adalah objek wisata sejarahnya. Banyak destinasi wisata yang bisa dipilih dan berikut akan dijelaskan 10 pilihan tempat wisata sejarah di Jogja favorit para pengunjung. Diantaranya:

1. Keraton Yogyakarta

Tempat wisata sejarah di Jogja yang tentunya paling terkenal adalah Keraton. Ya, objek wisata ini tentunya merupakan tujuan utama wisatawan yang sedang berlibur ke Jogja. Selain menawarkan berbagai macam benda bersejarah, disini juga sering diadakan pagelaran budaya. Untuk lokasinya ada di komplek Alun-Alun Utara dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

2. Tamansari

Tidak jauh dari Keraton, ada tempat wisata sejarah di Jogja lainnya yaitu Tamansari. Untuk sampai kesini pengunjung bisa berjalan kaki atau naik kendaraan. Di dalam kompleks Tamansari, wisatawan akan bisa melihat berbagai ornamen jaman kuno yang masih terjaga keutuhannya. Selain itu, tempat ini juga termasuk spot foto menarik bagi fotografer.

3. Benteng Vredeburg

Jika sudah berada di Malioboro, tidak ada salahnya berkunjung ke Benteng Vredeburg. Ya, benteng ini juga termasuk salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Jogja. Selain sebagai objek wisata, tempat ini juga cocok sebagai sarana edukasi sejarah untuk anak-anak. Lokasinya sendiri masih satu komplek dengan Jalan Malioboro.

4. Monjali

Sedikit menjauh dari pusat Kota Jogja ada satu tempat wisata sejarah lainnya yaitu Monjali atau Monumen Jogja Kembali. Sebenarnya monumen ini adalah tanda bahwa dahulu TNI sukses merebut Jogja dari tangan Belanda dan dibangun pada 29 Juni 1985. Dan setelah itu lokasi ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata bersejarah.

5. Museum Perjuangan

Objek wisata sejarah lainnya yang juga ada di Jogja adalah Museum Perjuangan. Seperti namanya, museum ini dibuat untuk mengenang perjuangan Bangsa Indonesia pada abad masa kebangkitan. Dan untuk pembangunannya sendiri yaitu pada tanggal 17 Agustus 1959. Jika tertarik berkunjung kesini alamatnya ada di JL. Kolonel Sugiyono No. 24 Yogyakarta.

6. Masjid Gedhe Kauman

Di Jogja ada juga tempat wisata sejarah Agama Islam salah satunya Masjid Gedhe Kauman. Lokasinya sendiri ada di sebelah barat Alun-Alun Utara dan merupakan Masjid Raya Kesultanan Yogyakarta. Tempat ini juga merupakan simbol Kerajaan Islam Mataram pada jaman dahulu. Dan Masjid Gedhe Kauman masuk dalam jajaran Masjid tertua di Indonesia.

7. Monumen Serangan Umum 1 Maret

Monumen Serangan Satu Maret juga termasuk tempat wisata sejarah di Jogja selanjutnya. Lokasinya sendiri ada di titik 0 Km atau ujung Jalan Malioboro. Seperti namanya lokasi ini adalah bukti bahwa dahulu pernah terjadi peristiwa bersejarah di Jogja. Tidak hanya itu, pada tanggal tertentu selalu diadakan beberapa event di komplek tersebut.

8. Museum Batik Yogyakarta

Terkenal sebagai Kota Batik, Jogja ternyata juga memiliki Museum Batik yang bisa dikunjungi. Lokasinya sendiri ada di JL. Dr. Sutomo Yogyakarta. Selain menyimpan berbagai benda koleksi, tempat ini tentunya juga sangat pas untuk objek wisata edukasi anak. Bahkan di museum ini ada barang koleksi yang sudah berumur lebih dari 100 tahun.

9. Kota Gede

Suka dengan tempat bernuansa kuno? Jika iya cobalah berkunjung ke Kota Gede. Disini wisatawan akan bisa melihat banyak sekali bangunan dengan nuansa kuno khas kerajaan masa lampau. Selain itu, lokasi ini juga merupakan sentra perak dan batik yang ada di Kota Jogja.

10. Makam Imogiri

Tempat wisata sejarah di Jogja lainnya yang juga bisa menambah wawasan wisatawan adalah Makam Imogiri. Ini merupakan pemakaman para Raja Mataram dan keluarganya. Jika ingin berkunjung kesini, usahakan selalu mematuhi perintah dan larangan yang ada. Hal ini dikarenakan Makam Imogiri merupakan tempat yang dihormati oleh masyarakat.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …