Obyek Wisata Menarik Yang Ada Di Wisata Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) terletak di Jawa Barat  tepatnya di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang Banten. Wisata Ujung Kulon adalah  sebuah kawasan Taman Nasional bagi satwa-satwa yang dilindungi, salah satunya Badak Jawa yang telah mencapai 67 ekor populasinya di tempat ini. Pada tanggal 1 Februari 1992 UNESCO telah menetapkan taman nasional ini sebagai salah satu warisan dunia kategori alam.

Luas area yang mencapai 122.956 hektare, tempat ini menjadi wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 5 ribu per orang untuk WNI dan Rp 150 ribu per orang untuk WNA. Berikut beberapa obyek wisata yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon yang menari untuk dikunjungi.

1. Pulau Panaitan

Bagi para surfer pastilah nama obyek wisata ujung kulon yang satu ini sudah tidak asing lagi. Ombak di Pulau Panaitan adalah wahana bermain yang cocok bagi para peselancar. Namun bagi para pengunjung yang tidak mahir dalam berselancar tentu tetap dapat menikmati keindahan ombak dari tempat ini. Pulau yang terkenal dengan keindahan ombaknya ini cocok dikunjungi untuk melihat deburan ombak yang besar dan cantik.

2. Pulau Peucang

Obyek wisata ujung kulon yang satu ini adalah yang paling terkenal di tempat ini. Pulau Paucang telah memiliki berbagai sarana dan prasarana serta melengkapi fasilitasnya bagi para wisatawan. Oleh sebab itu pulau ini paling banyak dikunjungi karena keberagaman fasilitas yang dimilikinya.

Saat berkunjung kesini pengunjung dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari berenang, menyelam, dan snorkeling dapat dilakukan dengan fasilitas yang juga telah tersedia disini. Bagi pengunjung yang ingin menginap juga telah tersedia resor sederhana di pinggir-pinggir pulau.

3. Pulau Handeulum

Obyek wisata ujung kulon selanjutnya berada di sisi timur semenanjung ujung kulon. Tempat ini memiliki keunikan yaitu keberadaan rel kereta yang mengarah langsung ke laut. Sampai ditempat ini pengunjung akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang cantik. Serta deretan sisa-sisa akar pohon bakau yang eksotis. Bagi pengunjung yang ingin bermalam juga telah tersedia resor-resor untuk menginap di pulau ini.

4. Gunung Honje

Taman Nasional Ujung Kulon tidak selalu dikelilingi oleh pulau dan pantai saja namun juga terdapat gunung yang dapat dikunjungi ditempat ini. Gunung Honje adalah tempat yang ideal bagi pecinta adventure yang gemar mendaki. Tentu ini akan menjadi spot wajib yang dikunjungi saat berlibur ke ujung kulon.

Selain dapat mendaki Gunung Honje, pengunjung juga dapat menikmati sumber air panas Cibiuk di tempat ini. Terdapat pula Curug Cikajang, Curug Pipanis yang dapat dinikmati keindahan aliran airnya yang jernih. Terdapat pula Desa Nelayan Cibanua yang dapat dikunjungi saat kita hendak menuju ke lokasi Gunung Honje. Tentu ini akan menjadi travelling dengan alam yang sangat menyenangkan.

5. Sungai Cigenter

Obyek wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi saat berkunjung ke kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah Sungai Cigenter. Menaiki perahu kano sambil menyusuri sungai yang beraliran tenang tentu akan membuat liburan menjadi semakin hikmat. Saat menyusuri sungai pengunjung juga melihat badak-badak liat yang sedang mencari makan di pinggiran anak sungai. Dengan menyatu ke alam seperti inilah kita dapat lebih mensyukuri nikmat dan karunia Sang Pencipta.

Itulah ulasan mengenai beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Wisata Ujung Kulon. Travelling ke alam akan menjadikan liburan kita lebih menyenangkan dan tentunya mengedukasi diri sendiri. Mulai dari cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar hingga lebih peduli dengan binatang-binatang yang ada di bumi ini. Selamat berlibur.

Check Also

tebing watu mabur

Keseruan Yang Bisa Dilakukan Di Tebing Watu Mabur

Berbicara tempat wisata memang tidak akan ada habis-habisnya, di negara Indonesia banyak sekali destinasi wisata …